Anggaran Rp 12 Miliar di DLH Untuk Dialokasikan ke 4 Bidang | Pasific Pos.com

| 18 March, 2019 |

Anggaran Rp 12 Miliar di DLH Untuk Dialokasikan ke 4 Bidang

Papua Barat Penulis  Jumat, 16 Maret 2018 18:26 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Pertanahan Provinsi Papua Barat, Edward Rumbino mengungkapkan APBD TA 2018 senilai Rp. 12 Miliar yang diterimanya akan dialokasikan untuk mendukung program kerja di 4 bidang di DLH dan Pertanahan Papua Barat.

Diantaranya, bidang penanganan sampah, bidang perijinan analisa dampak lingkungan (AMDAL), bidang pencemaran, dan bidang pertahanan.


Rumbino menuturkan, untuk bidang penanganan sampah, pihaknya akan fokus dalam mendukung program Manokwari nol sampah, sekaligus melaksanakan sosialisasi tentang pengolahan sampah di 13 Kabupaten Kota.


“Kita juga akan memberikan bantuan sarana pendukung kebersihan, tetapi khusus hanya Kabupaten Manokwari,” ungkap Rumbino kepada Tabura Pos di Kantornya, Kamis (14/3).


Untuk bidang perijinan AMDAL, aku Rumbino pihaknya akan fokus membentuk komisi AMDAL di masing-masing Kabupaten Kota, sebagai bentuk perpanjangan tangan dari tugas provinsi.


Kemudian untuk bidang pencemaran, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan akan lebih fokus meneliti Danau Anggi di Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) dan Danau Ayamaru di Kabupaten Maybrat.


“Untuk penelitian, kita akan libatkan peneliti dari Universitas Papua (Unipa) dan beberapa tenaga ahli, kegiatan ini sekaligus untuk mempromosikan 2 danau tersebut ke publik agar lebih dikenal dan dijadikan destinasi wisata,” ucap Rumbino.


Bidang pertahanan, Rumbino mengaku, merupakan bidang baru, sehingga pihaknya hanya akan fokus pada program pemetaan hak ulayat masyarakat di Kota Sorong dan Kabupaten Manokwari.


Serta, tambah Rumbino, penyelesaian pembebasan hak ulayat untuk pembangunan gedung kantor baru, dan sejumlah institusi di lingkungan Pemerintah provinsi (Pemprov) Papua Barat, salah satunya pembangunan gedung baru Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua Barat.


“Kita harap dengan anggaran yang ada semua program kerja dari masing-masing bidang dapat terealisasikan secara baik,” pungkas Rumbino. [BOM-R3] 

Dibaca 1885 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX