Pemkab Jayapura Kembangkan Pariwisata Untuk Berdayakan Masyarakat | Pasific Pos.com

| 25 September, 2018 |

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si

Pemkab Jayapura Kembangkan Pariwisata Untuk Berdayakan Masyarakat

Kabupaten Jayapura Penulis  Selasa, 13 Maret 2018 20:35 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Pemerintah Kabupaten Jayapura terus mengembangkan Sektor pariwisata dalam mendorong pembangunan daerah. Hal ini juga sebagai upaya pemberdayaan terhadap masyarakat dimana Pemerintah telah menyatukan hal itu menjadi satu paket yang dikerjakan ditahun 2018. Demikian ditegaskan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, Senin (12/3/18) siang.

Menurut Mathius, potensi pariwisata untuk Kabupaten Jayapura terdapat di kampung-kampung. Sementara pengetahuan masyarakat untuk mengelola pariwisata masih rendah sehingga perlu di berdayakan melalui program pemberdayaan kampung.


Supaya mulai sekarang, lanjut Bupati Mathius, antara program pemberdayaan kampung dan program pengembangan kepariwisataan di setiap kampung dapat berjalan secara sinergi untuk menghasilkan pendapatan bagi kampung dan masyarakatnya.


“Rencana menjadikan distrik sembagai pusat informasi, pelayanan, dan pelatihan jika terealisasi maka dengan sendirinya, pemberdayaan kampung dan pengembangan kepariwisataan dapat di kelola disini, baik kelola informasi tetapi juga melatih masyarakat kampung mengelola aset pariwisata di kampung dengan manajemen yang baik,” jelasnya.


Dirinya memaparkan, di Kabupaten Jayapura terdapat banyak tempat atau lokasi yang memilki nilai eksotis yang tinggi untuk pengembangan pariwisata tetapi tidak di optimalkan karena rendahnya pengetahuan warga. Sebab itu, lewat sinergitas program antara pemberdayaan kampung dan pengembangan kepariwisataan dapat memberikan pengetahuan bagi warga untuk mengelola.


Dikatakan, dalam program pemberdayaan kampung setiap kampung hendaknya memprogramkan tentang pengembangan potensi wisata yang di awali dengan pembekalan pengetahuan lewat pendidikan dan latihan di tingkat distrik agar pengelolaan potensi wisata dapat di kelola secara professional.


“Kita telah mengirim berapa anak menenmpuh pendidikan khusus kepariwisataan di Negara Jerman. Kita harapkan, sekembalinya anak-anak ini dengan segudang pengetahuan tentang pariwisata dapat membantu pemerintah dan masyarakat memajuhkan dunia kepariwisataan di daerah ini,” pungkasnya.


Disebutkan, ada beberapa kampung telah menerapkan sinergitas program antara pemberdayaan kampung dan pengembangan kepariwisataan. Semoga, kampung-kampung tersebut kedepan menjadi pilot project untuk sinergitas program pemberdayaan dan pariwisata.
“Kami pemerintah tentu akan mendukung sepenuhnya upaya sinergitas program pemberdayaan dan pariwisata demi memajuhkan masyarakat dan daerah kita ini,” tandas Bupati Mathius.

Dibaca 290 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.