Pengawasan Pemilu Tanggung Jawab Bersama | Pasific Pos.com

| 18 October, 2018 |

Pengawasan Pemilu Tanggung Jawab Bersama

Beri rating artikel ini
(1 Voting)

NABIRE – Pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) termasuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Papua tidak semata-mata menjadi tugas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama jajarannya tetapi merupakan tanggung jawab bersama untuk mewujudkan Pemilu yang jujur, adil, dan bersih. Oleh karena itu, Panwaslu menjalin kerjasama dengan pemerintah, TNI/Polri dan semua stakeholder yang ada di daerah.

Ketua Panwaslu Kabupaten Nabire, Adriana Sahempa dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu tahun 2019 di Hotel Mahavira II, Jumat (9/3) mengatakan Panwaslu mengundang pimpinan Partai Politik (Parpol), Polres Nabire, Kodim 1705/Paniai, stakeholder, mahasiswa dan pemilih pemula untuk mengajak mengawasi proses pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden-Wakil Presiden yang akan kita laksanakan secara serentak pada 17 April 2019 mendatang.


Adriana menambahkan, untuk mendorong pengawasan Pemilu yang efektif, selain jajaran Panwaslu, menjadi tanggung jawab bersama, termasuk peserta Pemilu untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu. Oleh karena itu, Panwaslu Kabupaten Nabire beberapa waktu lalu mengajak pemilih pemula sebagai pengawas partisipatif untuk mendorong pengawasan Pemilu yang efektif dan mengajak semua komponen masyarakat di daerah ini.


*Pengamanan


Sementara itu, KP Pol Sri Kasiono mengatakan untuk mendukung pengamanan pelaksanaan Pilgub dan Pemilu 2019 mendatang, personil Polri di Nabire sebanyak 567 person. Dari jumlah tersebut, untuk pengamanan Pilgub dan Pilkada, 100 personil akan diperbantukan ke Polres Paniai. Oleh sebab itu, Polri akan menggandeng TNI untuk mendukung pengamanan Pilkada dan Pilgub Papua.(ans)

Dibaca 159 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.