Pemkab Manokwari Tindak Lanjuti Desakan Tutup Toko Bintang Jaya | Pasific Pos.com

| 19 April, 2019 |

Pemkab Manokwari Tindak Lanjuti Desakan Tutup Toko Bintang Jaya

Papua Barat Penulis  Rabu, 28 Februari 2018 03:42 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Desakan berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Manokwari agar Bupati Manokwari, Demas P. Mandacan segera menutup toko elektronik, Bintan Jaya yang menyimpan 16.000 botol miras jenis Vodka, sudah ditanggapi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari.

“Kita akan mengirim dokumen ke Bupati Manokwari dan dalam waktu dekat, Bupati akan segera menutup toko elektronik Bintang Jaya,” kata Kepala Satpol PP Provinsi Papua Barat, Oktovianus Mayor kepada Tabura Pos di Auditorium PKK, Arfai, Manokwari, Senin (26/2).


Diungkapkan Mayor, Bupati Manokwari melalui Inspektorat sudah membentuk tim dalam rangka mengeksekusi toko elektronik, Bintang Jaya. “Tim ini sudah menyurat kepada kita dan kita juga sudah membuat laporan kepada tim tersebut,” tukas Mayor.


Dirinya menerangkan, saat penggerebekan dan penyitaan miras milik toko elektronik, Bintang Jaya dan Toko Gloria secara mendadak, sehingga pihaknya bergerak ke tempat kejadian perkara (TKP) dengan surat perintah tanpa membawa berita acara penyitaan barang bukti.


“Nah, Bupati minta kepada kita agar segera mengirim dokumen yang diperlukan, antara lain surat tugas, surat berita acara penyitaan barang bukti. Kita sudah siapkan semuanya, hanya saja, surat berita acara penyitaan barang bukti, saat kita bawa kembali ke pemilik toko elektronik, Bintang Jaya untuk ditandatangani, pemilik toko tidak mau tanda tangan,” jelas Kasatpol PP.


Menyikapi hal itu, ia mengaku akan mengirimkan surat keterangan ke Bupati bahwa yang bersangkutan tidak mau menandatangani surat berita acara penyitaan barang bukti.


“Untuk Toko Bintang Jaya, kita lakukan penangkapan 2 kali. Pertama tanggal 14 November 2017 dan kedua tanggal 29 Desember 2017 saat mereka menyalurkan 4 karton minuman bir Bintang lewat mobil ke salah satu bar yang berada di Jl. Pasir, Kampung Makassar, Wosi. Walau pun mereka tidak mau tanda tangan berita acara penyitaan barang bukti, saat itu Bupati sendiri hadir dan menyaksikan penangkapan barang bukti,” terang Mayor.


Ditambahkannya, bukti-bukti lain telah memperkuat adanya transaksi miras yang dilakukan toko elektronik Bintang Jaya. “Tinggal kita kirim dokumen yang ada ke Pak Bupati dan dalam waktu dekat, Bupati eksekusi, tutup toko elektronik, Bintang Jaya,” tukasnya.


Dicecar tentang perintah Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan untuk menutup toko elektronik, Bintang Jaya yang tidak ditindaklanjuti Pemkab Manokwari, Mayor menjelaskan, Bupati sudah menindaklanjuti instruksi Gubernur.
Namun, ia mengaku, pihaknya terkendala dokumen-dokumen yang diminta tim yang dibentuk Bupati melalui Inspektorat.


“Kalau dokumen itu sudah ada, pasti Bupati akan segera eksekusi, baik toko elektronik Bintang Jaya maupun Toko Gloria, karena miras mereka dalam jumlah besar,” tukas Mayor. [FSM-R1] 

Dibaca 643 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.