BPKAD Gelar Pemutakhiran Data Gaji dan Tata Cara Pengajuan SPP | Pasific Pos.com

| 18 October, 2018 |

Kepala Bidang Perbendaharaan pada BPKAD Kabupaten Jayapura, Beatrix Awoitauw, S.Sos, M.Si. ketika memberikan keterangan usai mengikuti kegiatan pemutakhiran data gaji dan tata cara pengajuan SPP, di Aula Lantai II, Kantor Bupati, Gunung Merah Sentani, Rabu (21/2/18). Kepala Bidang Perbendaharaan pada BPKAD Kabupaten Jayapura, Beatrix Awoitauw, S.Sos, M.Si. ketika memberikan keterangan usai mengikuti kegiatan pemutakhiran data gaji dan tata cara pengajuan SPP, di Aula Lantai II, Kantor Bupati, Gunung Merah Sentani, Rabu (21/2/18).

BPKAD Gelar Pemutakhiran Data Gaji dan Tata Cara Pengajuan SPP

Kabupaten Jayapura Penulis  Rabu, 21 Februari 2018 22:05 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(1 Voting)

SENTANI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menyelenggarakan kegiatan Pemutakhiran Data (Updating) Gaji dan Tata Cara Pengajuan SPP, SPM dan SP2D, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (21/2/18) pagi.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala BPKAD Kabupaten Jayapura, Subhan, S.E., M.M., yang juga dihadiri Kepala Bidang Perbendaharaan pada BPKAD Kabupaten Jayapura, Beatrix Awoitauw, S.Sos, M.Si. Yang mana Peserta kegiatan pemutakhiran data (updating) gaji terdiri dari Kasubbag Kepegawaian, Kasubbag Keuangan, Bendahara Pengeluaran dan juga Bendahara Gaji di 54 OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura.


Kepala BPKAD Kabupaten Jayapura, Subhan, S.E., M.M., melalui Kepala Bidang (Kabid) Perbendaharaan pada BPKAD Kabupaten Jayapura, Beatrix Awoitauw, S.Sos, M.Si, memberikan paparan mengenai posisi gaji. Beatrix juga menegaskan, pentingnya updating data gaji, karena data ini untuk mengefisienkan anggaran.


Selanjutnya, Beatrix menyampaikan, pemutakhiran atau updating data gaji ini guna mengecek jumlah anak pada setiap pegawai.


Pada sesi berikutnya, Beatrix menerangkan, pemutakhiran data gaji ini dilakukan pihaknya, karena ada satu kasus yang terjadi di tahun 2017 lalu itu ada pegawai yang dibayarkan tunjangan keluarganya, baik suami atau istri yang secara bersama-sama menerima tunjangan keluarga tersebut, sehingga pemutakhiran data gaji ini digelar hari ini (kemarin) untuk mengefisienkan anggaran.


Selain itu, ada satu kasus lagi yang terjadi, yakni saat ada istri dari seorang pegawai meninggal dan saat itu juga si pegawai tersebut meninggal tidak datang melapor, maka anaknya datang mengurus SKPP kemudian menimbulkan hutang.


"Nah, hal seperti ini juga disayangkan karena hutang ini diakibatkan dari kurang perhatiannya OPD memberikan data keluarga atau melaporkan suatu kejadian duka yang dialami setiap pegawai maupun jumlah anak dalam setiap keluarga pegawai," bebernya.


"Makanya hari ini (kemarin) kita laksanakan pemutakhiran data gaji untuk tunjangan keluarga. Sedangkan untuk kegiatan tata cara pengajuan SPP, SPM dan SP2D itu dilakukan guna memberikan pemahaman kepada para peserta tentang bagaimana cara memproses PPSP menjadi SP2D yang baik," sambung Beatrix.


Diharapkan dengan kegiatan ini dihasilkan data gaji tunjangan keluarga maupun jumlah anak dari setiap pegawai yang lebih akurat, sehingga di tahun 2018 ini tidak ada lagi kesalahan dalam pengurusan data gaji nantinya. Dan, momen ini sangat penting sekali bagi BPKAD di bidang perbendaharaan yang melakukan pencairan yang wajib membuat kegiatan ini setiap tahunnya.

Dibaca 566 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.