120 Pustakawan SMA dan SMK akan Dilatih | Pasific Pos.com

| 18 June, 2018 |

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Provinsi Papua Drs. Hans Hamadi, Msi. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Provinsi Papua Drs. Hans Hamadi, Msi.

120 Pustakawan SMA dan SMK akan Dilatih

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Minggu, 18 Februari 2018 23:05 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) akan melatih sebanyak 120 orang pengelola perpustakaan SMA dan SMK yang datang dari Kabupaten/Kota.

Kegiatannya ini rencannya akan berlangsung awal Maret 2018 mendatang. Demikian Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Provinsi Papua Drs. Hans Hamadi, Msi, ketika dikonfirmasi Pers di Jayapura, Minggu kemarin.


Ia mengaku, dengan Pustakawan SMA dan SMK yang dilatih, mereka bisa membangun perpustakaan atau melaksanakan pembinaan perpustakaan di sekolah-sekolah mereka, khusus untuk pengelola perpustakaan SMA dan SMK.


Selain itu, pada tahun 2018 ini, DPPAD juga akan menggelar kegiatan duta baca, untuk menjaring duta baca. Apalagi kegiatan ini adalah tugas pokok dari DPAD Papua untuk meningkatkan minat baca masyarakat.


Karena itu, katanya, pihaknya mengharapkan kegiatan menjaring duta baca dihadiri Bunda Baca Provinsi Papua yakni Ibu Gubernur Papua Ny. Yulce W. Enembe.


“Nanti pada saat kegiatan itu berlangsung pasti kita pun minta Bunda Baca Papua, untuk hadir dan bicara tentang bagaimana strategi-strategi kita dalam meningkatkan minat baca,” terangnya.


Di sisi lain, tuturnya, pihaknya juga melakukan kegiatan-kegiatan, untuk meningkatkan minat baca adalah program inlis lite perpustakaan. Program inlis lite perpustakaan adalah dimana pengalihan media buku dari buku-buku yang ada di Kantor DPAD Papua, kemudian dimasukan kedalam program, untuk diunggah.


“Sehingga nanti pada saat diunggah di Website Kantor BPAD Papua bisa dilihat perangkat atau buku yang mereka butuhkan,” ungkap dia.


Sedangkan pekerjaan-pekerjaan lain yang dilakukan pada tahun 2018, tukasnya, pihaknya terus berupaya melakukan pembinaan arsip ke Kabupaten/Kota, katena tahun lalu pihaknya sudah melakukan penciptaan arsip, sehingga tahun ini pihaknya akan melakukan monitoring arsip, apakah arsip berjalan dengan baik atau tidak.

Dibaca 207 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik