Bupati Tolikara Lakukan Kunker ke Tiga Distrik | Pasific Pos.com

| 18 June, 2018 |

Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo bersama jajaranya dan forkopimda  saat melakukan kunker ke tiga distrik, masing-masing distrik Umagi, Ndundu dan distrik Kembu, akhir pekan kemarin. Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo bersama jajaranya dan forkopimda saat melakukan kunker ke tiga distrik, masing-masing distrik Umagi, Ndundu dan distrik Kembu, akhir pekan kemarin.

Bupati Tolikara Lakukan Kunker ke Tiga Distrik

Lintas Daerah Penulis  Minggu, 18 Februari 2018 21:51 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

Tolikara - Di awal kepemimpinannya, Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo, SE. M. Si bersama sejumlah pimpinan OPD melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke tiga distrik, masing-masing distrik Umagi, Ndundu dan distrik Kembu atau Mamit selama tiga hari.

Meskipun, medan yang berat karena topografi Tolikara bergunung – gunung dengan kemiringan lereng – lereng yang terjal ditambah dengan cuaca sering berubah – ubah terutama di waktu menjelang sore. Namun hal tersebut tak menyurutkan niat baik Bupati Usman untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.


Memang kondisi daerah seperti ini tentu sangat sulit bagi seorang pemimpin daerah untuk mensukseskan visi dan misi yang sudah diprogramkan dengan skala prioritas pembangunan secara menyeluruh.


Untuk itu, di awal kunjungannya ini, Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE,M.Si sebagai anak asli Tolikara tentu sangat paham kondisi topografi itu, sehingga dengan keterpanggilan hati, ia pun siap melayani masyarakat kapan saja dan dimana saja.


Bupati Usman Wanimbo didampingi Kapolres Tolikara, AKBP Mada Indra dan Dandim Jayawijaya, Kol.Inf Lukas Tandirura dan Wakil Ketua I DPRD Tolikara Epius Obama Tabo,S.Sos bersama sejumlah pimpinan OPD turun kampung dengan mengujungi tiga Distrik selama tiga hari berturut – turut, dengan mengunakan jasa transportasi darat dari Karubaga ke Distrik Umagi, setelah nginap semalam di Umagi, lalu pagi harinya rombongan lanjutkan perjalanan ke Distrik Ndundu dengan menggunakan jasa penerbangan pesawat AMA.


Dalam kunjungan itu, Bupati Usman Wanimbo bersama sejumlah pimpinan OPD mengunjungi sekolah dasar (SD) Inpres Gatini, dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Gatini Distrik Umagi guna melihat lebih dekat perkembangan sekolah itu.


Setelah melihat kondisi distrik Umagi, Bupati Usman langsung mengelar pertemuan dengan anak – anak SD dan SMP di sekolah serta sejumlah guru.


Namun dalam pertemuan itu, Bupati Usman mengetahui, jika siswa SD Gutini sangat memprihatinkan dan sudah satu tahun lebih tidak ada aktivitas belajar mengajar, lantaran guru - gurunya tidak pernah di tempat.


Pada kesempatan itu, siswa SMP distrik Umagi memberikan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada Bupati Usman Wanimbo, dengan di gulirkannya sekolah – sekolah unggulan juga menempatkan guru – guru kontrak dari yayasan Petra dan yayasan pelangi di seluruh Tolikara termasuk di SD inpres Umagi dan SMP Umagi.


"Kendala lain yang dihadapi anak SD dan SMP ini adalah guru – guru putra daerah yang sering meninggalkan tugas bahkan pergi ke kota berhari – hari bahkan berminggu – minggu tanpa alasan yang jelas, sehingga belajar mengajar tidak berjalan sebagaimana biasanya, kata Bupati Usman di sela-sela Kunkernya ke distrik Umagi baru-baru ini.


Untuk itu Bupati Usman Wanimbo berkomitmen akan memberikan warning atau peringatan keras kepada beberapa guru yang selalu meninggalkan tugasnya.


"Sangsi yang akan diberikan berupa penahanan gaji hingga pemberhentian karena semua sangsi itu sesuai dengan aturan kepegawaian, " tandas Bupati Usman.


Selain pertemuan dengan anak – anak SD dan SMP itu Bupati Usman Wanimbo juga mengunjungi Puskesmas setempat dengan melakukan pengobatan masal mulai dari pemberian vaksin kepada anak – anak dengan pemberian vitamin A biru dan vitamin A merah, dan juga diberikan obat cacing dan pengobatan umum lainnya yang dilayani oleh tim tenaga kesehatan dari RSUD Tolikara yang ikut dalam rombongan itu.


Bupati Usman Wanimbo juga melihat pelayanan kesehatan setempat, kemudian langsung melakukan pertemuan dengan tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas itu.


"Tenaga kesehatan memberikan data bahwa penyakit yang paling dominan di keluhkan dan diobati masyarakat Umagi dan Gundagi adalah penyakit penyakit ISPA, " ujar Bupati Usman.


Karena itu, kedepannya, Bupati Usman Wanimbo akan berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, selain dengan hidup bersih dan perumahan sosial dengan bentuk honai modern bervariatif terus akan ditingkatkan di seluruh Kabupaten Tolikara.


Usai kunjungan ke sejumlah pusat pelayanan umum, Bupati Usman Wanimbo bersama sejumlah pimpinan OPD mengelar pertemuan besar dengan masyarakat Distrik Umagi dan juga masyarakat Distrik Gundagi yang saat itu ikut bergabung di Halaman Kantor Klasis GIDI Umagi di Distrik Umagi pada akhir pekan kemarin.


Dalam pertemuan itu Bupati Tolikara Usman G.wanimbo dan Kapolres Tolikara, AKBP Mada Indra dan Wakil Ketua I Epius Obama Tabo,S.Sos serta masing-masing kepala OPD menyampaikan semua program prioritas pembangunan Infrastruktur sosial dan infrastruktur fisik yang akan digulirkannya dalam lima tahun ke depan.


"Tujuan kunjungan kerja kami ke tiga Distrik ini, yakni Distrik Umagi, Distrik Ndundu serta Distrik Kembu adalah untuk menyampaikan atau mensosialisasikan apa yang akan dilakukan Pemerintah Tolikara di bawah kepemimpinan Bupati Usman – Dinus selama 5 (lima) tahun 2017-2022 ke depan sesuai dengan Visi dan Misi yang sudah tertuang di dalam RPJMD dengan Visi, "Terwujudnya Kabupaten Tolikara yang Maju, Mandiri dan Unggul", paparnya. (TIARA)

Dibaca 273 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik