Dukungan 10 Partai Bagi OMTOB Pada Pilkada Mimika Sia-Sia | Pasific Pos.com

| 25 September, 2018 |

Rapat pleno terbuka penetapan calon kepala daerah kabupaten Mimika yang digelar di Hotel Grand Alison, Sentani Jayapura pada Minggu (18/2/18). Rapat pleno terbuka penetapan calon kepala daerah kabupaten Mimika yang digelar di Hotel Grand Alison, Sentani Jayapura pada Minggu (18/2/18).

Dukungan 10 Partai Bagi OMTOB Pada Pilkada Mimika Sia-Sia

Headline Penulis  Minggu, 18 Februari 2018 20:05 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(1 Voting)

Jayapura, - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika menyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) kepada satu-satunya Paslon Bupati dan Wakil Bupati Mimika dari jalur Partai Politik (parpol), Eltinus Omaleng-John Rettob (OMTOB).

Keputusan ini disahkan oleh KPUD pada Rapat Pleno Penetapan Paslon Bupati/Wakil Bupati Mimika yang digelar di Hotel Grand Alison, Sentani Jayapura pada Minggu (18/2/18) sekitar pukul 05.30 WIT.


Dengan hasil ini berarti dukungan 10 partai politik terhadap pasangan Omtob seakan sia sia. KPU menyatakan Omtob tidak memenuhi syarat terkait syarat ijazah. Atas putusan tersebut pihak Koalisi OMTOB menyatakan keberatan dan akan menempuh jalur hukum.


Rapat Pleno yang sempat diskor setelah pengumuman dari Paslon Perseorangan sejak pukul 02.00 WIT berlangsung alot, dimana dari saksi Koalisi OMTOB mempertanyakan alasan KPUD menyatakan paslonnya tidak memenuhi syarat. Sementara menurut saksi Paslon OMTOB semua syaratnya sudah sah.


Dalam pleno Minggu dini hari (18/2/18), terjadi tarik ulur antara Tim Koalisi Omtob dan Komisioner KPUD Mimika. Pleno baru berakhir sekitar pukul 05.30 WIT. Tim Koalisi OMTOB dengan tegas menyatakan hasil pleno tidak sah dan akan menempuh jalur hukum.


Dengan hasil tersebut, maka ada empat pasangan calon yang dinyatakan Memenuh Syarat (MS) dan dipastikan lolos. Keempat paslon tersebut semuanya dari jalur perorangan yaitu, Paslon Petrus Yanwarin – Alpius Edoway (Petraled) memperoleh dukungan 23.890, Hans Magal-Abdul Muis (HAM) memperoleh dukungan 26.437, Robert Waoropea – Albert Bolang (RnB) memperoleh dukungan 23.091 dan Wilhelmus Pigai – Athanasius Allo Rafra (MUSA) dukungan 41.118.


Sementara dua paslon dari jalur perseorangan yang juga dinyatakan tidak memenuhi syarat yaitu, Paslon Maria Florida Kotorok- Yustus Way (Marius) memperoleh dukungan 21.901 dan paslon Philipus Wakerkwa – H.Barsi (Philbas) memperoleh dukungan 10.791. Dua paslon tersebut tidak memenuhi ambang batas dukungan yang disyaratkan yaitu jumlah dukungan 22.273.

Dibaca 518 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.