KPU Tetapkan Paslon di Pilkada Mamberamo Tengah | Pasific Pos.com

| 27 May, 2018 |

Calon bupati Ricky Ham Pagawak bersama Wakilnya saat menerima berita acara dan surat keputusan dari Ketua KPU Mamberamo Tengah Steven Payokwa. Calon bupati Ricky Ham Pagawak bersama Wakilnya saat menerima berita acara dan surat keputusan dari Ketua KPU Mamberamo Tengah Steven Payokwa.

KPU Tetapkan Paslon di Pilkada Mamberamo Tengah

Sosial & Politik Penulis  Selasa, 13 Februari 2018 20:06 0
Beri rating artikel ini
(1 Voting)

 

KOBAKMA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamberamo Tengah (Mamteng) menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon peserta pemilihan bupati dan wakil bupati di kantor KPU, Senin (12/2/18).

Dalam rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU, Steven Payokwa dan empat komisioner lainnya. Rapat pleno ini diikuti pasangan bakal calon bupati Ricky Ham Pagawak-Yonas Kenelak dan bakal calon bupati Itaman Thago-Onny Pagawak.


Dalam pleno yang dipimpin Ketua KPU Steven Payokwa menyatakan pasangan bakal calon bupati Ricky Ham Pagawak dan Wakil Calon Bupati Yonas Kenelak lolos sebagai calon bupati dan wakil bupati.


Kepastian lolosnya calon bupati R. Ham Pagawak, SH, MSi dan calon Wakil Bupati Yonas Kenelak, S.Sos yang diusung partai politik tersebut termuat dalam berita acara No. 23/BA/9121/KPU Kab/II/2018 dan surat keputusan KPU Nomor: 05/HK.03.1-Kpt/9121/KPU-Kab/II/2018.


Tujuh partai yang mengusung R. Ham Pagawak, SH. MSi- Yonas Kenelak, S.Sos antara lain partai Demokrat, PKS, PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, PBB dan PKPI.


Sedang bakal calon bupati Itaman Thago dan bakal calon Wakil Bupati Onny Pagawak dinyatakan tidak lolos karena bakal calon wakil bupati tidak memiliki surat keterangan tidak pernah terpidana berdasarkan putusan pengadilan dan STTB SD maupun SMP yang dilegalisasi oleh instansi yang berwenang.


Ketua KPU, Steven Payokwa mengatakan pleno pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta pemilu yang dilakukan ini sesuai dengan peraturan PKPU Nomor 2 Tahun 2018.


”Tahapan penetapan kami sudah lakukan, hari ini sekitar pukul 12.00 WIT. Diikuti dua pasangan, masing-masing pasangan dari perseorangan atas nama Itaman Tago S.Sos dengan Briyen Oni Pagawak dan dari partai politik yakni Ricky Hamn Pagawak dan Yonas Kenelak. Dari kedua paslon ini, kami putuskan yang berhak untuk maju dalam Pilkada 2018,pasangan yang diusung oleh partai politik yaitu Ricky Ham Pagawak dan Yenas Kenelak,” ujarnya.


Menurutnya, yang membuat pasangan bakal calon bupati dari perseorangan Itaman Tago dan wakil bupati Onny Pagawak tidak lolos ada di wakil bupati Onny Pagawak yang tidak memiliki STTB dan surat tidak pernah terpidana dari pengadilan.


Atas hasil pleno, ini Steven memberikan kesempatan kepada bakal calon bupati yang tidak lolos, jika tidak puas untuk menempuh jalur hukum dengan melapor ke Bawaslu.


“Kalau tidak puas silahkan tempuh jalur hukum, namun kami sudah siap memberikan keterangan karena kami jalan sesuai aturan. Dan aturan lah yang putuskan bukan kami,” ucapnya.


Ia mengatakan, setelah proses pleno hari ini akan dilanjutkan dengan pencabutan nomor urut yang akan dilaksanakan, Selasa, 13 Februari.


Calon Bupati Ricky Ham Pagawak mengaku bersyukur kepada Tuhan karena sudah dinyatakan lolos untuk mengikuti Pilkada.


”Kami juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Mamberemo Tengah yang sudah mendukung kami,” ucapnya.


Ia mengaku siap mengkuti, seluruh tahapan sesuai jadwal yang sudah dikeluarkan oleh KPU mulai dari pencabutan nomor urut hingga pada pencoblosan nantinya.


Ia meminta seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Mamberamo Tengah untuk menerima hasil keputusan KPU karena KPU telah melaksanakan seluruh tahapan sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Dibaca 1175 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.