Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kota Jayapura Mulai Dibahas | Pasific Pos.com

| 15 August, 2018 |

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano saat memberikan saambutan dalam acara uji publik penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jayapura. Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano saat memberikan saambutan dalam acara uji publik penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jayapura.

Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kota Jayapura Mulai Dibahas

Kota Jayapura Penulis  Selasa, 13 Februari 2018 19:39 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA, - Sesuai Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura menggelar uji publik penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jayapura.

Ketua KPU Kota Jayapura, Henock Mehabia mengatakan dalam Dapil dan alokasi kursi anggota dewan memperhatikan adat, istiadat, sosial dan budaya.


"Uji publik ini untuk memberikan masukan dan saran agar KPU dalam mengambil kebijakan, yaitu ada perubahan dapil pada pemilihan 2019 atau tetap mempertahankan komposisi dapil 2014," kata Henock di Grand Abe Hotel Jayapura, Selasa (13/2/18).


Kata Henock, dalam acara yang dihadiri Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, bawaslu, anggota DPRD Kota Jayapura, Kapolres Jayapura Kota, Damdim 1701 Jayapura, dan pimpinan partai politik, KPU Kota Jayapura menilai uji publik dimaksud sangat penting.


"Karena hasil uji publik ini akan disampaikan ke KPU Provinsi Papua, dan diterusakan ke KPU pusat. Kota Jayapura ada empat dapil dari lima distrik," kata Henock.


Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan KPU harus memahami pembahasan uji publik dengan saling memberikan masukan dan bertukar pikiran demi kepentinga bersama agar pemilu berjalan dengan tertib dan menunjukkan integritas yang kuat dan berkesinambungan.


"Saya harap uji publik ini didiskusikan bersama. KPU harus memahami betul aturan penataan dapil. Apakah empat atau lima dapil karena jumlah pendudukan Kota Jaypura ada 417.492 jiwa berdasarkan data Dinas Kependudukan Kota Jayapura. Jumlah ini 40 kursi untuk anggota DPRD Kota Jayapura periode 2019," kata Benhur.


Pada kesempatan ini, Benhur mengingatkan kalau ada beberapa kelurahan masuk di wilayah Distrik Jayapura Saelatan, yaitu Kelurahan VIM, Wahno dan Waimhorok.


"Kelurahan ini dikembaliakan ke Distrik Abepura. Kampung Waena yang masuk Distrik Abepura, kembali ke Distrik Heram. Ini sangat penting agar menghasilkan politik demokrasi," kata Benhur.

Dibaca 619 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.