Belum Ada Pihak Swasta yang Tertarik Kelola Sampah Manokwari | Pasific Pos.com

| 24 July, 2019 |

Belum Ada Pihak Swasta yang Tertarik Kelola Sampah Manokwari

Papua Barat Penulis  Kamis, 08 Februari 2018 02:23 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari untuk menyerahkan pengelolaan sampah di Manokwari ke pihak swasta tidak berjalan sesuai rencana.

Terbukti, sejak penyusunan hingga APBD tahun anggaran 2018 disahkan, Pemkab Manokwari belum mendapatkan satu pun pihak swasta yang bersedia untuk mengelola sampah yang volumenya terus meningkat.


"Kita sudah berencanakan, tapi belum ada pihak swasta yang datang. Jadi, tahun ini masih dikelola pemerintah melalui dinas lingkungan hidup," kata Bupati Manokwari, Demas P. Mandacan kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (6/2).


Mandacan menjelaskan, karena belum ada pihak swasta yang berminat, maka anggaran yang disediakan sebelumnya dialihkan untuk kebutuhan yang lain.


Mandacan mengungkapkan, meski saat ini belum ada pihak swasta yang bersedia, namun Pemkab Manokwari tetap pada rencananya untuk memberikan pengelolaan sampah ke pihak swasta.


"Kami tetap buka ruang untuk swasta. Swasta yang berminat silahkan bangun komunikasi dengan pemerintah daerah agar kita bisa tahu caranya mengelola sampah," ungkap Mandacan.


Lanjut Mandacan, setelah komunikasi antara Pemkab Manokwari dan pihak swasta terjalin, barulah Pemkab mengalokasikan anggarannya.


"Kalau ada pihak swasta yang mau kelola silahkan saja dan bila ada maka truk yang ada di dinas lingkungan hidup akan diserahkan ke swasta," tandas Mandacan. [SDR-R2] 

Dibaca 423 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.