Penerimaan Prajurit TNI-AD Tanpa Pungutan dan Calo | Pasific Pos.com

| 15 November, 2018 |

Penerimaan Prajurit TNI-AD Tanpa Pungutan dan Calo

Papua Barat Written by  Sabtu, 03 Februari 2018 11:59 0
Rate this item
(0 votes)

Manokwari, TP – Masyarakat Papua Barat, khususnya di Manokwari diimbau menyiapkan diri dalam mengikuti seleksi calon bintara dan tamtama prajurit TNI-AD yang akan dibuka dalam waktu dekat.

Kaur Biaga Prajurit AD, Ajedam XVIII Kasuari, Kapten CAJ. Ismail Gatot Subroto mengatakan, dalam kalender 2018 akan dibuka sebanyak 7 kali penerimaan calon tantama, bintara, dan perwira.


“Masyarakat bisa datang ke Kantor Ajedam XVIII Kasuari untuk mengetahui apa saja persayaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti seleksi,” kata Subroto kepada Tabura Pos di Pulau Mansinam, Manokwari, Jumat (2/2).


Lanjut dia, untuk peserta orang asli Papua (OAP) akan mendapatkan kebijakan langsung dari Panglima, dimana kuota sebanyak 80 persen akan diberikan untuk OAP.


Dia merincikan, penerimaan calon tamtama akan dibuka dalam 2 gelombang, penerimaan gelombang pertama pada Februari 2018 dan gelombang kedua pada Oktober 2018.


Sementara untuk penerimaan calon bintara, Subroto mengatakan, akan dibuka pada April 2018, yang dipetakan menjadi bintara reguler, bintara atlet, dan bintara pedalaman.


Dijelaskannya, untuk menjadi prajurit TNI-AD harus memenuhi berbagai persyaratan, diantaranya sehat jasmani dan rohani, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tinggi badan 163 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita.


Untuk usia, ia mengatakan, untuk calon perwira, bintara, dan tamtama minimal 19 tahun 7 bulan dan maksimal 22 tahun saat pembukaan pendidikan.


Subroto menegaskan, penerimaan calon perwira, bintara, dan tamtama dilaksanakan murni tanpa pungutan liar (pungli) atau calo. “Semua kemampuan, kita kembalikan ke calon perserta, baik kemampuan jasmani dan kesehatan,” ujar Subroto.


Diutarakannya, sesuai arahan Panglima, jika dalam proses seleksi terdapat pungli atau calo, maka oknum yang bersangkutan akan dipecat, begitu pula dengan calon prajurit yang bersangkutan. [BOM-R1] 

Read 959 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.