Kuota Perempuan Gerindra Kota Jayapura Capai 66 Persen | Pasific Pos.com

| 26 September, 2018 |

Suasana verifikasi yang dilakukan oleh KPUD Kota Jayapura di Sekretariat DPC Partai Gerindra Kota Jayapura, Kamis (1/2/18). Suasana verifikasi yang dilakukan oleh KPUD Kota Jayapura di Sekretariat DPC Partai Gerindra Kota Jayapura, Kamis (1/2/18).

Kuota Perempuan Gerindra Kota Jayapura Capai 66 Persen

Sosial & Politik Penulis  Kamis, 01 Februari 2018 22:35 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

Jayapura, - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Jayapura kembali melakukan verifikasi faktual, kali ini giliran Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Jayapura yang berlangsung di Kantor Sekretariat DCP Gerindra di Jl Bucend II Kelurahan Ardipura, Kota Jayapura, Kamis (1/2/18).

Komisioner KPU Kota Jayapura yang membidangi devisi SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Matias Kutumun bersama sejumlah anggota komsioner lainnya diterima langsung oleh Ketua DPC Partai Gerindra Kota Jayapura, Budi Dayani didampingi Sekretris DPC Partai Gerindra, Nelson Bedha dan sejumlah pengurus serta kader Partai Gerindra.


Menurut Matias Kutumun, bahwa verifikasi faktual ini dilakukan terhadap kepengurusan partai, keterwakilan 30 persen perempuan dari pengurus dan perkantoran serta fasilitasnya.


“Khusus untuk keanggotaan, yang kami lakukan itu, terhadap sampel bagi mereka yang memenuhi syarat. Sampel yang ditentukan 5 persen dari yang memenuhi syarat dan untuk dari DPC Partai Gerindra Kota Jayapura adalah 23 orang dari jumlah yang memenuhi syarat sekitar 420 orang,” kata Matias kepada wartawan usai melakukan verifikasi.


Matias mengungkapkan bahwa, dari verifikasi faktual itu memang semua sudah sesuai dan tidak ada masalah, termasuk keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.

Hanya saja kata Matias, KPU Kota Jayapura belum bisa menentukan hasil verifikasi faktual terhadap DPC Partai Gerindra Kota Jayapura tersebut, karena akan diverifikasi lebih lanjut di KPU Kota Jayapura terhadap kerja tim verifikasi tersebut.


“Nanti penyampaian hasil verifikasi ini, akan dilakukan pada 2 Februari 2018 sesuai jadwal dan tahapan. Jika nanti hasil verifikasi ini ada kekurangan-kekurangan dan diharus diperbaiki atau dilengkapi, maka itu akan dilakukan pada 3 – 5 Februari, “ paparnya.


Untuk itu kata Matias, belum bisa pihaknya sampaikan hasil tersebut. Apakah memenuhi syarat atau tidak?.


“Yang jelas tim verifikasi KPU Kota Jayapura sudah bekerja sesuai yang diinput Partai Gerindra Kota Jayapura ke DPP, “ imbuhnya.

Kemudian kata Matias, pihaknya menerima dari DPP Partai Gerindra melalui KPU Pusat, sehingga pihaknya mencocokkan dalam verifikasi partai tersebut.


Namun tandas Matias, khusus untuk keterwakilan perempuan pengurus inti pada DPC Partai Gerindra Kota Jayapura sudah terpenuhi.


“Jadi, sudah lebih dari 30 persen. Sudah diatas dari 30 persen. Tapi, kami belum menentukan, apakan memenuhi syarat (MS) atau tidak? Sebab, KPU kabupaten/kota tidak menentukan lolos atau tidaknya suatu partai politik,” terangnya.


Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Jayapura, Budi Dayani mengaku optimis jika Partai Gerindra Kota Jayapura memenuhi syarat dalam verifikasi faktual yang dilakukan KPU Kota Jayapura.


“Alhamdulillah, kami sudah diverifikasi oleh KPU dan Panwaslu Kota Jayapura. Bersyukur, kami diperiksa satu persatu berdasarkan administrasi yang ada disipol dan punya kami, kepemilikan kantor dan bukti domisili, memenuhi syarat,” ujar Nani sapaan akrabnya.


Selain itu kata Nani, untuk kepengurusan DPC Partai Gerindra Kota Jayapura baik ketua, sekretaris dan bendahara berdasarkan SK dari DPP Partai Gerindra, juga memenuhi syarat.


Terkait dengan keterwakila perempuan, Nani mengakui, jika DPC Partai Gerindra Kota Jayapura lebih dari 30 persen. Apalagi, Partai Gerindra berkomitmen untuk memberdayakan perempuan agar bisa mengenal dunia politik.


“Soal keterwakilan perempuan, justru kami lebih dari 30 persen, bahkan mencapai 66 persen. Karena ketua dan bendahara itu perempuan. Jadi kami di kepengurusan itu, dari 17 orang, itu 10 orang perempuan,” ungkapnya. (TIARA)

Dibaca 418 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.