10 Persen Saham Freeport Jangan Dijadikan Bahan Kampanye | Pasific Pos.com

| 26 September, 2018 |

Ketua LSM Papua Bangkit, Hengky Jokhu. Ketua LSM Papua Bangkit, Hengky Jokhu.

10 Persen Saham Freeport Jangan Dijadikan Bahan Kampanye

Sosial & Politik Penulis  Rabu, 24 Januari 2018 19:00 1
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Papua Bangkit berharap, dana 10 Persen PT. Freeport yang diberikan melalui kebijakan Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah Provinsi Papua tidak dijadikan sebagai bahan kampanye dalam Pemilihan Gubernur tahun 2018 ini.

Harapan tersebut disampaikan Ketua LSM Papua Bangkit, Hengky Jokhu saat ditanyakan terkait dana 10 persen PT. Freeport yang diberikan oleh pemerintah pusat ke Pemprov Papua, belum lama ini di Kota Sentani.


Menurut Hengky, dana 10 Persen yang didapatkan oleh Pemprov Papua semata-mata karena kebijakan pemerintah Pusat.


“Oleh karena itu, dana 10 persen PT. Freeport ke Pemprov jangan dijadikan bahan kampanye oleh kandidat yang maju dalam Pemilihan Gubernur Papua,” harap Hengky.


Ia menjelaskan, dana 10 persen yang diberikan ke Pemprov Papua, karena kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan itu adalah janji nya jauh-jauh hari bahwa Ia akan mengambil alih PT. Freeport.


“Yang mana pada saat ini, sudah Ia buktikan dengan mengambil alih 51 persen saham PT. Freeport dan memberikan 10 persen dana itu ke Pemprov Papua,” ungkapnya.


Disebutkan Hengky, hal itu juga dilakukan Presiden Jokowi sesuai dengan amanat undang-undang nomor 4 tahun 2009 tentang Mineral dan Batu Bara (Minerba).


Dimana, lanjut Hengky dalam UU tersebut jelas mengatur tentang ijin usaha pertambangan yang sekian tahun harus dikuasai pemerintah.


“Nah, atas dasar itulah saya menilai bahwa dana 10 persen yang diberikan kepada Pemprov bukan karena kerja keras gubernur atau pejabat Papua tapi karena kepedulian Presiden,”katanya.


“Untuk itu sekali lagi, saya berharap dana10 persen ini tidak dijadikan bahan kampanye,”tandas Hengky.

Dibaca 382 kali

1 comment

  • Comment Link Kes biggossan 25/ 01/ 2018 posted by Kes biggossan

    DANA 10% dari hongkong.. FREEPORT SAJA BELUM SETUJUI 100% kalian sudah pada mimpi indah.. Mana Buktinya kalau freeport sdh Sah Setujui 51% sahamnya di ksh ke Pemerintah ???

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.