Guru Palang Sekolah, akan Dipolisikan | Pasific Pos.com

| 15 December, 2018 |

Guru Palang Sekolah, akan Dipolisikan

Papua Barat Penulis  Senin, 22 Januari 2018 10:02 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manokwari, Barnabas Dowansiba, M.Pd akan menindak guru yang memalang sekolah.

Ditegaskan Dowansiba yang ini disebabkan ulah oknum guru yang seenaknya memalang sekolah sendiri dengan berbagai alasan, salah satunya terjadi di SMP Negeri 06 Manokwari.


“Pemalangan itu salah. Kalau ada persoalan, sebenarnya melalui proses hukum, bukan lewat proses pemalangan. Saya tidak mau tahu, kalau berkepanjangan, saya akan proses polisi, apalagi kalau guru yang melakukan,” tukas Dowansiba kepada para wartawan di salah satu hotel di Manokwari, pekan lalu.


Menurutnya, pemalangan terhadap sekolah merupakan tindakan yang salah dan tidak pantas, apalagi dilakukan seorang guru, karena melanggar 2 unsur, yakni mengganggu kepentingan umum dan melanggar hak asasi pelajar yang ingn bersekolah. “Itu akan kena, apalagi orang tua yang melaporkan ke polisi,” tukasnya.


Ditegaskannya, selain melanggar hukum, pemalangan sekolah yang dilakukan oleh guru, menunjukkan kualitas guru di Manokwari masih rendah. “Itu budaya yang tidak baik dan menunjukkan kualitas kita rendah dan tidak bisa seperti itu,” ujarnya.


Ia berharap para guru di Manokwari bersifat dewasa dan bisa memilah persoalan. “Kalau ada masalah, harus kita pilah, mana persoalan personal berarti jalurnya proses hukum, tetapi kalau masalahnya dengan kepentingan umum, diselesaikan dengan kepentingan umum. Yang salah, masalah personal dikaitkan dengan umum. Itu tidak boleh,” tukasnya.


Selain itu, Dowansiba berharap para kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi di sekolah bisa berlaku transparan dalam urusan sekolah supaya tidak menimbulkan kecemburuan untuk para guru. [SDR-R1] 

Dibaca 245 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.