Pendaki Asal Latvia Dievakuasi dari Puncak Cartenz | Pasific Pos.com

| 15 August, 2018 |

Pendaki asal Latvia Eropa Utara, Mike Cruss ketika dievakuasi menggunakan ambulance menuju ke RSMM Mimika untuk mendapatkan perawatan medis. Pendaki asal Latvia Eropa Utara, Mike Cruss ketika dievakuasi menggunakan ambulance menuju ke RSMM Mimika untuk mendapatkan perawatan medis.

Pendaki Asal Latvia Dievakuasi dari Puncak Cartenz

Lintas Daerah Penulis  Jumat, 19 Januari 2018 19:46 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, - Seorang pendaki asal Latvia Eropa Utara, Mike Cruss, dievakuasi dari Puncak Cartenz. Mike Cruss harus menjalani perawatan di RSMM Mimika setelah mengalami insiden patah kaki, pada kamis (18/1/18).

Kondisi pendaki berkewarganegaraan​ Latvia, Eropa Utara itu dilaporkan dalam bahaya setelah mengalami patah tulang dan hipotermia sehingga memerlukan bantuan evakuasi.


Kepala kantor SAR Timika membenarkan adanya laporan terkait insiden yang menimpa seorang pendaki asal latvia itu.


"Kami melakukan koordinasi dengan Emergency Response Group (ERG) PTFI, Lanud Timika, korban langsung dievakuasi ke RSMM Timika untuk menjalani perawatan," kata kepala Kantor SAR Timika.


Setelah menerima laporan terkait kejadian itu, Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait termasuk PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk melakukan evakuasi.


Tim penyelamat lalu diberangkatkan menggunakan helikopter Papua Trans Mandiri untuk melakukan evakuasi pada Jumat (19/1/18) sekitar pukul 06.00 WIT pagi.


Selanjutnya pada pukul 08:30 WIT, tim penyelamat dengan Heli Papua Trans Mandiri berhasil mengevakuasi korban ke hanggar Lanud Timika.


"Korban langsung diserahkan kepada pihak medis RSMM Timika yang sudah menunggu dengan ambulance dan langsung dibawa menuju RSMM Timika untuk mendapatkan perawatan medis," jelasnya.


Kepala bagian humas RSMM, Elfinus Omaleng mengatakan, berdasarkan keterangan dari korban, saat itu korban melakukan pendakian bersama delapan pendaki lainnya.


Pada Kamis (19/1/18) pagi, mereka bertolak dengan berjalan kaki dari Ilaga menuju ke Puncak Cartenz. Namun karena kondisi jalan licin, sehingga korban terjatuh dan mengalami patah tulang kaki kanan.


"Korban mengalami patah tulang pada kaki sebelah kanan. Dan sekarang masih mendapatkan perawatan," kata Elfinus.


Terhadap kondisi cukup parah yang dialami, korban kini menjalani perawatan oleh dokter di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSMM. Rencananya korban akan menjalani rawat inap sampai kondisi membaik.

Dibaca 386 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.