Pemda Asmat Bentuk Tim Penanggulangan Campak dan Kurang Gizi | Pasific Pos.com

| 14 August, 2018 |

Pemda Asmat saat gelar rapat pembentukan Tim Penanggulangan Campak dan Gizi Buruk. Pemda Asmat saat gelar rapat pembentukan Tim Penanggulangan Campak dan Gizi Buruk.

Pemda Asmat Bentuk Tim Penanggulangan Campak dan Kurang Gizi

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Senin, 15 Januari 2018 19:41 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA, - Pemerintah daerah kabupaten Asmat bekerja cepat dalam menanggapi bencana di bidang kesehatan berupa virus campak dan kurang gizi.

“Tim penanggulangan wabah campak dan gizi buruk yang berjumlah besar ini akan bekerja serentak mulai 15 Januari. Mereka akan disebar di 224 kampung dari 23 distrik yang ada di Kabupaten Asmat hingga Februari,” kata Elisa Kambu dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Senin (15/1/2018).


Wabah campak mulai terdeteksi sejak September 2017 lalu. Dinkes Asmat, lalu memerintahkan Puskesmas untuk menggiatkan kegiatan pengobatan dan imunisasi melalui kegiatan puskesmas keliling.


“Kendala yang kami hadapi karena tidak semua wilayah bisa dijangkau ditambah dengan minimnya tenaga medis dan paramedis. Kendala lain karena mobilitas masyarakat yang sangat tinggi yang lebih sering tinggal di hutan dan hidup berpindah-pindah,” kata ujarnya.


Peningkatan wabah campak dan gizi buruk ini juga dilaporkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asmat yang telah merawat 568 pasien dalam periode September 2017 hingga 11 Januari 2018.


“Dari 568 pasien itu, 393 pasien rawat jalan dan 175 rawat inap di RSUD Asmat,” ujarnya.

Dibaca 248 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.