2017, Kantor SAR Manokwari Terima 15 Panggilan Darurat | Pasific Pos.com

| 14 August, 2018 |

2017, Kantor SAR Manokwari Terima 15 Panggilan Darurat

Papua Barat Penulis  Jumat, 05 Januari 2018 11:05 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Sepanjang tahun 2017, Kantor SAR Manokwari telah menerima kurang lebih 15 panggilan darurat dari berbagai sumber. Kepala Kantor SAR Manokwari, Ludi Yanto mengungkapkan, mayoritas dari 15 panggilan tersebut mengenai peristiwa yang membahayakan jiwa.

"Ada 14 sampai 15 kasus, ada kasus yang melapor dari musibah pelayaran begitu kita respon sudah selamat di darat dan laporan sebenarnya juga banyak entah dari Manokwari atau dari mana, tapi kasusnya hanya kurang antisipasi seperti masalah BBM yang habis ditengah laut," kata Ludi Yanto kepada wartawan di pelabuhan Cokran Sowi I, Kamis (4/1/18).


Ludi menjelaskan, persentase kecelakaan membahayakan jiwa lebih tinggi di tahun 2017 dibandingkan kecelakaan di laut atau juga kecelakaan di darat. Tingginya kecelakaan yang membahayakan jiwa itu, dinilainya terjadi karena kurang kewaspadaan atau human error seperti kasus meninggalnya sejumlah orang karena tenggelam, terbawa arus dan lainnya.


"Kecelakaan kapal kami masih jarang karena memang aktivitas pelayaran yang di Manokwari mungkin masih cukup rendah, sehingga resiko untuk kecelakaan masih kurang, tapi tetap tidak menutup kemungkinan bisa terjadi," tukasnya.


Dengan kondisi cuaca yang belum menentu, Ludi menghimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih waspada terlebih bagi yang ingin menyelam atau rekreasi. “Saya menghimbau kepada masyarakat, kalau bulan-bulan Desember sampai Februari tolong jangan memaksakan diri bagi nelayan, karena beresiko bagi keselamatannya,” kata Ludi Yanto sembari menambahkan bahwa keselamatan datang dari diri sendiri. [SDR-R3] 

Dibaca 181 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.