Lagi, Lapas Manokwari Bersihkan Sampah dan Cat Rumah Pastori | Pasific Pos.com

| 26 September, 2018 |

Lagi, Lapas Manokwari Bersihkan Sampah dan Cat Rumah Pastori

Papua Barat Penulis  Kamis, 21 Desember 2017 17:20 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Petugas dan narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Manokwari melakukan pembersihan sampah dan mengecat rumah pastori di lingkungan Gereja Ottow Geisler, Biryosi, Manokwari, Rabu (20/12/17).

Pembersihan sampah dan pengecatan melibatkan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sahabat Polisi Provinsi Papua Barat, Brimob Polda Papua Barat, dan Polsek Manokwari Kota.

Kepala Lapas Kelas IIB Manokwari, Yosef Yembise menuturkan, kegiatan ini untuk merangsang masyarakat dalam menciptakan Manokwari yang bersih dan mendukung program Pemerintah Kabupaten Manokwari menuju nol sampah.

“Kalau bukan kita yang memulai, lalu siapa lagi? Pemerintah jangan hanya bisa membuat regulasi, tetapi bukti rill tidak ditunjukkan,” kata Yembise saat ditemui Tabura Pos di Gereja Ottow Geisler, Biryosi.

Lanjut dia, aksi bersih sampah juga dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap umat Kristiani yang akan merayakan Natal dan Tahun baru, sehingga sudah sepatutnya jika gedung Gereja Ottow Geisler Biryosi, menjadi sasaran pembersihan.

“Kita hanya ingin melihat saudara-saudara kita yang Kristen bisa merayakan ibadah Natal dengan nyaman, aman, dan damai. Jadi, bukan di gereja ini saja, tetapi kita juga rencanakan membersihkan gereja lain,” tutur Yembise.

Dia berharap apa yang sudah dibuat sekiranya bisa menjadi teladan bagi orang lain untuk terus membangun keharmonisan dan kepedulian antar-umat beragama di Manokwari.

Sementara Ketua DPW Sahabat Polisi Papua Barat, Jalil mengatakan, aksi ini dalam rangka mendukung program Pemkab Manokwari untuk mewujudkan Manokwari nol sampah.

“Kegiatan ini kami buat atas dasar kepedulian antar-umat beragama, terutama bagi umat Kristiani yang akan merayakan ibadah Natal,” kata dia.

Diutarakan Jalil, ke depan, Sahabat Polisi akan memberi rasa kepedulian terhadap sejumlah panti asuhan, salah satunya Panti Asuhan Fajar Timur di Distrik Manokwari Utara.

Ia mengatakan, Sahabat Polisi juga mempunyai program membantu pihak kepolisian dalam menjaga keamanan pada malam perayaan Natal dan pergantian tahun. “Pesan saya, mari kita dukung program nol sampah dan membangun toleransi antar-umat beragama,” pinta Jalil.

Sementara Ketua Majelis Jemaat Gereja Ottow Geisler, Biryosi, Pdt. Stans Lady Mamahit, S.Th mengapresiasi mereka yang secara rela membersihkan Gereja Ottow Geisler, Biryosi.

“Selaku Ketua Jemaat, saya sangat berterima kasih kepada mereka, karena dengan keringat yang bercucuran melambangkan kepedulian mereka,” tukas Mamahit.

Dirinya juga berharap seluruh warga binaan Lapas Kelas IIB Manokwari berbalik ke jalan kebenaran Tuhan jika diberikan kesempatan untuk bebas.

Oleh sebab itu, ia meminta seluruh umat Kristiani di Manokwari mau hidup dalam damai Natal, menjauhkan diri dari miras, narkoba, dan kehidupan yang tidak dikehendaki Tuhan. [BOM-R1] 

Dibaca 223 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.