Bupati Nabire : Kami Minta Listrik Nyala Terus | Pasific Pos.com

| 26 September, 2018 |

Presiden RI dan ibu Iriana Joko Widodo saat tiba di kabupaten Nabire. Presiden RI dan ibu Iriana Joko Widodo saat tiba di kabupaten Nabire.

Bupati Nabire : Kami Minta Listrik Nyala Terus

Lintas Daerah Penulis  Rabu, 20 Desember 2017 21:06 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

NABIRE, - Bupati Nabire Isias Douw mengucapkan selamat datang kepada Presiden RI dan ibu Iriana Joko Widodo. "Terima kasih sudah hadir di Kota emas nama julukan Kota Nabire," katanya.

Secara singkat Isias mengatakan kabupaten Nabire telah memekarkan tujuh kabupaten diantaramya Paniai, Puncak Jaya. Puncak, Dogiyai, Deiyai dan Intan Jaya.

Dengan telah memekarkan tujuh kabupaten ini maka, Kabupaten Nabire merupakan satu -satunya kabupaten penyangga di kabupaten sekitarnya, yang berada di kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Dengan luas 12.000 m2 yang terbagi menjadi 15 Distrik 9 kelurahan dan 72 kampung.

baca, 74 Desa di Tanah Papua Terima Kado Natal Listrik Masuk Desa


Kabupaten yang dihuni 200 ribu penduduk yang terdiri dari berbagai suku, agama dan budaya sehingga dapat dikatakan wilayahnya adalah Indonesia mini. Isias juga mengklaim kabupaten yang dipimpinnya itu aman dan kondusif.

Dari sisi kekayaan alam, Kabupaten ini memiliki areal subur dengan potensi pertanian padi dan umbi umbian. Diharapkan dapat menjadi potensi lumbung padi kedua setelah Merauke.

Hutan kayu perkebunan kakao, buah -buahan. Sementara potenai lautnya juga kaya akan beraneka ragaman hasil laut.

Kemudian dari segi Tambang Nabire kaya akan hasil emas, minyak bumi dan marmer.

Potensi wisata laut seperti biota paus yang selalu ada sepanjang musim dan sejumlah air terjun.

Dikatakannya dengan membuka isolasi daerah demi masyarakat Nabire yang berwawasan. Mandiri dan berkelanjutan.

"Untuk itu dengan Pembangunan PLTMG ini atas nama masyarakat Nabire kami mengucapkan banyak terima kasih.

Tahun 2021 kabupaten Nabire sudah terang. "Di depan bapak presiden kami minta kepada PLN, Kami minta listrik nyala terus, karena ini untuk kepentingan masyarakat," harap Bupati Isias.

Diketahui sesaat sebelum peresmian PLTMG Direktur Umum PT PLN Persero Sofyan Basir menyerahkan secara simbolis sembako kepada perwakilan masyarakat dan juga Penyerahan lampu tenaga surya kepada lima kepala kampung oleh Menteri Ignatius Jonan.

Diketahui, tepat Pukul 12:30 Waktu setempat. Pesawat CN-295 yang membawa rombongan Presiden RI dan ibu Iriana Joko Widodo mendarat mulus di Bandara Douw Aturure, Kota Nabire.

Kunjungan kerja selama dua hari, Presiden yang membawa tiga orang menteri Kabinet Kerja diantaranya Menteri BUMN Rini Sumarni, Menteri ESDM Ignatius Jonan, Menteri Perhubungan Budi Karya, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Direktur Utama PLN Pusat Sofyan Basir.

Usai makan siang ditemani Gubernur Papua Lukas Enembe, presiden langsung bergerak menuju Kampung Karadiri untuk meninjau Pembangunan bandara Internasional Douw Aturure SPC distrik Wangar kab Nabire Papua, dimana jarak tempuh dari Kota Nabire sejauh 45 menit.

Usai melihat dari dekat lokasi bandara baru, Presiden dan rombongan langsung menuju tempat peresmian Pembangkit Listrik Mesin dan Gas (PLTMG) Nabire 20 MW dan PLTMG Jayapura 50 MW serta launching 74 desa baru berlistrik di Papua dan Papua Barat oleh Presiden Republik Indonesia.

Dibaca 398 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.