Dinkes Panggil Stakeholder Bahas Penyakit Dipteri | Pasific Pos.com

| 18 January, 2018 |

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.kes. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.kes.

Dinkes Panggil Stakeholder Bahas Penyakit Dipteri

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Jumat, 15 Desember 2017 18:07 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Dinas Kesehatan Provinsi Papua akan mengundang berbagai stakeholder untuk membahas penyakit dipteri yang saat ini terjadi di beberapa daerah.

Jadi, langkah yang diambil oleh Dinas Kesehatan adalah kita akan berkoordinasi dengan stakeholder, untuk menyikapi hal penyakit tersebut,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.kes, Jumat (15/12/2017).

Ia juga menyarankan kepada masyarakat Papua untuk mewaspadai penyakit tersebut, meskipun hingga kini belum ada informasi kejadian penyakit tersebut di tanah Papua.

Tak hanya itu, Aloysius juga mengharapkan kepada orang tua untuk wajib menvaksinasi anaknya, vaksinasi ini dalam rangka untuk memenuhi hak anak untuk sehat dengan melakukan pencegahan terserang penyakit.

"Tolong sebagai orang tua, hak anak harus dipenuhi, supaya anak tetap sehat dan terhindar dari penyakit,” bebernya.

Menurutnya, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheria, dimana penyebaran bakteri ini dapat terjadi dengan mudah, terutama bagi orang yang tidak mendapatkan vaksin difteri.

“Penularannya seperti terhirup percikan ludah penderita di udara saat penderita bersin atau batuk. Ini merupakan cara penularan difteri yang paling umum maupun barang yang sudah terkontaminasi oleh bakteri,” imbuh Giyai.

Dibaca 47 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik