DPRD Intan Jaya Dukung Pemkab Gelar Rekonsiliasi | Pasific Pos.com

| 18 January, 2018 |

Ketua DPRD Kabupaten Intan Jaya, Marthen Tipagau. Ketua DPRD Kabupaten Intan Jaya, Marthen Tipagau.

DPRD Intan Jaya Dukung Pemkab Gelar Rekonsiliasi

Sosial & Politik Penulis  Jumat, 15 Desember 2017 00:00 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

Jayapura : Ketua DPRD Kabupaten Intan Jaya, Marthen Tipagau mengatakan, pihaknya mendukung pemerintah kabupaten setempat guna melakukan upaya rekonsiliasi pasca konflik pilkada di Kabupaten Intan Jaya.

Apalagi, dalam konflik pasca Pilkada itu, ada 6 warga tewas dan puluhan orang luka-luka, serta belasan kantor pemerintahan juga rumah ikut dibakar.

Marthen Tipagau menjelaskan, jika Banggar DPRD Intan Jaya dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah telah sepakat untuk mendukung upaya penyelesaian dari sisi anggaran, untuk pembayaran kepala atau denda adat.

"Secara aturan, penutupan anggaran APBD 2017 berakhir Desember ini dan dalam APBD Perubahan sudah ditandatangani ketua DPRD, sehingga tidak ada masalah lagi, “ kata Marthen Tipagau kepada Wartawan di Swiss-Bellhotel Jayapura, Kamis (14/12/17).

Apalagi lanjut Marthen Tipagau, dinas terkait bersama keuangan bisa memproses ini sesuai aturan dan melakukan pendekatan secara budaya kepada korban di Intan Jaya.

Marthen mengungkapkan, ada enam orang yang menjadi korban dalam rusuh Pilkada di Kabupaten Intan Jaya. Namun, kini sudah ada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang merupakan putusan tertinggi dan turunan dari putusan itu adalah pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih.

"Saya mewakili lembaga DPRD Intan Jaya, mengimbau kepada masyarakat bahwa apapun keputusannya, Natalis Tabuni dan Yan Kobogau adalah Bupati dan Wakil Bupati Intan Jaya dua periode," tegas Marthen Tipagau.

Marthen Tipagau menambahkan, kepada kandidat lain, agar bersama-sama dengan bupati untuk bergandengan tangan membangun Kabupaten Intan Jaya lima tahun ke depan.

"Kami mau Intan Jaya aman dan pasangan bupati terpilih dan calon lainnya kembali untuk mendamaikan masyarakat Intan Jaya," pungkasnya. (TIARA)

Dibaca 97 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik