Jaga Tapal Batas, Tiga Batalyon Tiba Di Merauke | Pasific Pos.com

| 17 December, 2017 |

Kasrem 174/ATW Kolonel Kav Ketut Adi Suasta Putra Saat Pemeriksaan Pasukan. (foto:ady) Kasrem 174/ATW Kolonel Kav Ketut Adi Suasta Putra Saat Pemeriksaan Pasukan. (foto:ady)

Jaga Tapal Batas, Tiga Batalyon Tiba Di Merauke

Papua Selatan Penulis  Kamis, 07 Desember 2017 08:17 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,- Sebanyak tiga batalyon Satgas Pengamanan Berbatasan (Pamtas) RI-PNG Sektor Selatan tiba di Pelabuhan Merauke, Rabu (6/12/17). Mereka diangkut dua KRI milik TNI Angkatan Laut yakni KRI Teluk Bintuni 520 dan KRI Teluk Hading.  

Ketiga batalyon ‘pengawal’ tapal batas di ujung timur Indonesia (Kabupaten Merauke dan Boven Digoel) itu masing-masing adalah Yonif 315/GD, Yonif R-323/BP dan Yonif R-500/Sikatan. Setiap batalyon berkekuatan sebanyak 450 personil dan akan menjalankan tugasnya selama sembilan bulan.

Danrem 174/ATW, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasrem 174/ATW Kolonel Kav Ketut Adi Suasta Putra dalam upacara penerimaan Satgas Pamtas RI-PNG di Pelabuhan Merauke mengatakan wilayah perbatasan memiliki potensi kerawanan yang haarus diantisipasi antara lain pelintas batas illegal, penebangan kayu illegal, pergeseran patok bats, penyelundupan Miras dan narkoba.

Selain itu, ada juga kelompok separatis bersenjata dan penyakit malaria yang harus diwaspadai. “Kalian juga harus membantu kesulitan masyarakat yang ada di wilayah perbatasan. Kalain harus tetap waspada, lakukan patrol keamanan dan pemeriksaan patoik batas, serta jaga stabilitas keamanan di sepanjang perbatasan,”tegas Danrem.

Danrem juga mengingatkan kepada prajurit Satgas yang baru, supaya tetap mempedomani Sapta Marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI serta protap-protap yang telah ditentukan dalam melaksanakan tugas. “Hormatilah dan junjung tinggi budaya masyarakat Papua. Taatilah hukum dan HAM, agar kalian terhindar dari segala bentuk pelanggaran,”ujar Danrem.   

Sementara itu, Satgas Yonif 315/Garuda akan menggantikan satuan sebelumnya yakni Satgas Yonif Para Raider 503/Mayangkara, Yonif Raider 323/Buaya Putih akan menggantikan Yonif 310/Kidang Kancana dan Yonif Raider 500/Sikatan akan menggantikan  Yonif 405/Surya Kusuma.

Dibaca 152 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik