Dinas PU Susun RDTR Kawasan Perkotaan | Pasific Pos.com

| 17 December, 2017 |

Suasana Seminar Laporan Akhir Penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan Distrik Kurik (foto:Mel) Suasana Seminar Laporan Akhir Penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan Distrik Kurik (foto:Mel)

Dinas PU Susun RDTR Kawasan Perkotaan

Papua Selatan Penulis  Kamis, 07 Desember 2017 08:16 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE, ARAFURA,- Dinas Pekerjaan Umum,  Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Merauke melaksanakan seminar laporan akhir penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan Distrik Kurik. Kegiatan erlangsung di Aula Hotel Megaria, Rabu (6/12/17).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Merauke, H.B.L Tobing mengatakan tujuan penyusunan RDTR adalah memberikan suatu bentuk perencanaan ruang yang lebih detail atau rinci yang dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai pedoman bagi pembangunan dan penataan ruang wilayah khususnya di kawasan perkotaan secara lebih terarah,  berdayaguna dan berhasilguna serta berkesinambungan.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai arahan bagi seluruh stakeholder dalam pengisian pembangunan fisik kawasan, serta sebagai pedoman bagi instansi dalam pemberian perizinan kesesuaian pandangan peruntukan lahan dan pengaturan bangunan yang lebih terarah dan lebih spesifik.

“Sekarang kami yang berperan memberikan perizinan, persetujuan, arahan dan rekomendasi terhadap rencana pembangunan baik dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat harus disampaikan kepada kami,” tuturnya.

Dikatakan, sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Merauke dalam pembangunan di Kabupaten Merauke adalah meningkatkan stabilitas wilayah dan peran serta sebagai daerah perbatasan, serta meningkatkan pembangunan infrastruktur fasilitas pelayanan publik dan pemanfaatan sumber daya alam yang merata dan pengawasan lingkungan. Kemudian, meningkatkan pembangunan pertanian yang berorientasi pada peruwujudan lumbung pangan di tingkat nasional dan meningkatkan penguatan ekonomi daerah serta peluang investasi.

Selain itu, tujuan penataan kawasan BWP juga untuk mewujudkan kawasan perkotaan Distrik Kurik sebagai kawasan perkotaan yang tertata sebagai kawasan persiapan ibukota kabupaten melalui pendekatan kesejahteraan.

Dibaca 107 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.