Terkait Pabrik Tepung Ubi Jalar | Pasific Pos.com

| 17 December, 2017 |

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Merauke, Edy Santosa. (foto:Mel) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Merauke, Edy Santosa. (foto:Mel)

Terkait Pabrik Tepung Ubi Jalar

Papua Selatan Penulis  Kamis, 07 Desember 2017 08:14 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

‘Dinas Pertanian Siap Sediakan Bahan Baku’


MERAUKE, ARAFURA,- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Merauke, Edy Santoso mengatakan pembangunan pabrik tepung ubi jalar telah dilakukan sejak Tahun 2016 lalu, namun dalam pelaksanaannya baru dibangun bangunan pabrik. Sedangkan untuk pengadaan mesinnya akan didanai oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan  (Desperindag) Kabupaten Merauke.

Dikatakan, untuk kelanjutannya Dinas Pertanian akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait mengenai hal tersebut. “Kami diberikan tugas untuk menyediakan bahan baku ubi jalar. Kalau pabriknya sudah operasional, pada prinsipnya kami siap untuk menyediakan  bahan baku industrI tepung ubi jalarnya,”ujarnya kepada wartawan di Swiss-bel Hotel, Selasa (5/12/17).

Dari informasi yang didapat direncanakan untuk juga pengeloahan tepung tapioka. Jadi, Dinas Pertanian siap untuk menyediakan bahan baku sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan pabriknya, baik itu untuk tepung ubi jalar maupun tepung tapioka. “Sejauh ini, baru bangunan pabriknya saja. Sedangkan Untuk mesinnya belum ada, mungkin bisa langsung tanyakan ke Dinas Desperindag,” terangnya.

Kata dia, lahan untuk penanamanan ubi jalar maupun ubi kayu akan di pusatkan di Distrik Jagebob, Ulilin, Elikobel dan Muting. Untuk luas lahan yang akan digarap kurang lebih 7000 Ha yang ada di Distrik Jagebob. Jadi untuk luas lahan dapat memenuhi kebutuhan. “Ini tentunya bukan tanggung jawab dan tugas kita saja. Kami malah sangat menunggu kapan operasional pabrik tersebut,”tandasnya.

Dibaca 100 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.