Mimika Bergejolak, Bupati Jalan-Jalan Keluar Negeri | Pasific Pos.com

| 15 December, 2018 |

Anggota Legislator DPR Papua, Wilhelmus Pigai. Anggota Legislator DPR Papua, Wilhelmus Pigai.

Mimika Bergejolak, Bupati Jalan-Jalan Keluar Negeri

Headline Penulis  Rabu, 15 November 2017 18:10 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(1 Voting)

JAYAPURA,- Disaat daerahnya begejolak, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng memilih berkunjung ke luar negeri yakni Amerika Serikat bersama beberapa anggota dewan setempat.

Anggota Legislator DPR Papua, Wilhelmus Pigai menyayangkan sikap Bupati Eltinus Omaleng tersebut. Selain Tembagapura yang bergejolak, berbagai persoalan lain juga tengah terjadi di kota yang dijuluki Kota Emas tersebut, diantaranya perang suku di Kwamki Lama, persoalan PHK karyawan Freeport, aksi demo guru yang menduduki kantor pemerintahan setempat.

“Semua masalah ini sampai sekarang belum terselesaikan. Sedangkan Bupati yang merupakan penanggung jawab keamanan malah pergi keluar negeri dalam kurun waktu yang cukup lama. Tentunya selaku wakil rakyat dan anak asli daerah Mimika saya sangat menyayangkan sikap Bupati Mimika ini,” kata Wilhelmus kepada pers di Jayapura, Rabu (15/11/17).

Wilhelmus yang berasal dari Dapil Mimika, juga mempertanyakan ada kepentingan apa sehingga Bupati lebih memilih untuk melakukan
kunjungannya keluar negeri, ditengah situasi keamanan di daerahnya yang sedang bergejolak.

“Bupati selaku penanggungjawab keamanan di daerahnya, mestinya masalah seperti ini harus berada di tempat, tidak boleh tinggalkan daerah.

Sebab anda diberikan kepercayaan oleh masyarakat untuk menjadi kepala pemerintahan. Melayani masyarakat secara baik, berusaha untuk tidak ada masalah supaya tidak terjadi akumulasi masalah yang terus menerus tidak pernah ada penyelesaian secara komprehensif,” ungkapnya.

Lanjut katanya, seorang kepala daerah sejatinya tidak menyerahkan segala pekerjaan untuk diselesaikan oleh stafnya. “Tidak boleh
harapkan staf yang bekerja. Sekarang kita mau tanya sampai sejauh mana konsep pembangunan daerah yang sudah dilakukan oleh seorang bupati sementara Timika selalu saja ada masalah dan tidak ada penyelesaian?” tanya Wilhelmus.

“Saya minta DPR setempat jangan diam, panggil Bupati tanya bagaimana langkah langkah dalam penyelesaian masalah disana terutama masalah di Tembagapura. DPR harus dinamis  supaya masalah ini cepat selesai, sebab sebagai kepala pemerintahan seharusnya bisa menciptakan rasa aman nyaman bagi masyarakatnya. Karena ini tanggung jawab untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat,” katanya panjang lebar.

Menurut Wilhelmus, perjalanan Bupati Mimika keluar negeri ini bukan kali pertama, sebelumnya ada beberapa kali bahkan yang terakhir Omaleng keluar negeri dengan rombongan besar yakni bersama para pimpinan SKPD/Dinas.

“Saya heran kenapa Gubernur dan Mendagri memberikan ijin. Kecuali dalam rangka kerja untuk kepentingan daerah, ya silahkan tapi harus ada hasil, tapi ini kan tidak ada. Masyarakat juga saya minta jangan tinggal diam, harus bisa ikut mengkritisi pemerintah terutama kepala daerah,”pungkasnya.

Dibaca 734 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.