Suku Korowai Butuh Perhatian Pemkab | Pasific Pos.com

| 27 May, 2018 |

Kepala Dinas Kesejateraan Sosial dan Pencatatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk. Kepala Dinas Kesejateraan Sosial dan Pencatatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk.

Suku Korowai Butuh Perhatian Pemkab

Lintas Daerah Penulis  Selasa, 14 November 2017 16:16 1
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Kepala Dinas Kesejateraan Sosial dan Pencatatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk mengatakan, suku Korowai membutuhkan perhatian bukan hanya dari pemerintah provinsi saja akan tetapi dari Pemerintah kabupaten yang ada di sekitarnya.

“Masalah suku Korowai ini karena kurangnya pelayanan, dan seharusnya Pemkab yang ada di sekitarnya lebih memperhatikan, selama ini perhatiannya masih kurang,” ungkap Ribka Haluk kepada wartawan di Jayapura, Selasa (14/11/2017).

Lanjutnya, pemkab harus mengatasi setiap permasalahan yang ada di daerahnya, apalagi sudah ada Peraturan Daerah (Perda) mengenai suku terasing. "Kita sudah punya Perda tentang masyarakat suku terasing, sudah ada pembagian tugas antara provinsi dan kabupaten,” tuturnya.

Ditambahkannya, saat ini, masyarakat suku terasing sudah tidak tinggal lagi di pohon, melainkan pinggiran sungai dan mereka berpencar mencari makanan.

Lanjutnya, untuk penanganan Korowai ini butuh penangan yang lama. Artinya tidak bisa satu tahun menyelesaikan masalahnya, tapi bagaimana kita ajari mereka bagaimana bercoccok tanam, tanggap ikan, menjual dan lainnya. "mereka (suku korowai) butuh proses yang lama untuk kita ajarkan mereka bercocok tanam  dan lainnya,” katanya.

Terkait dengan tim kesehatan yang dikirim ke Korowai selama 2 bulan ini penangananya tidak maksimal. Sesungguhnya kesehatan mendasar ini harus kembali kepada Dinas Kesehatan Kabupaten di sekitar daerah suku Korowai.

Sebab, letak geografis yang beraliran sungai ini memang itu yang menjadi tingkat kesulitannya. “wilayah suku Korowai tingkat
kesulitannya sangat berat, karena semua harus melalui sungai tidak ada daratan,” tutupnya.

Dibaca 246 kali

1 comment

  • Comment Link agus 17/ 01/ 2018 posted by agus

    saya bisa minta perda terkait dengan masyarakt suku terasing prvonsi Papua ?

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.