Gubernur Papua Resmikan Asrama Putri “Hanas” Mamteng | Pasific Pos.com

| 22 November, 2017 |

Gubernur Papua didampingi Ketua DPRP, Bupati Mamberamo Tengah dan juga Pendeta saat melihat ruangan asrama putri kabupaten Mamberamo Tengah. Gubernur Papua didampingi Ketua DPRP, Bupati Mamberamo Tengah dan juga Pendeta saat melihat ruangan asrama putri kabupaten Mamberamo Tengah.

Gubernur Papua Resmikan Asrama Putri “Hanas” Mamteng

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Senin, 23 Oktober 2017 07:07 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH., meresmikan asrama mahasiswi Kabupaten Mamberamo Tengah, yang berlokasi di Kotaraja Furia depan Otonom, kompleks Horas, kelurahan Wahno, RT 04/RW 08, dstrik Abepura, Jumat (20/10/2017).

“Ini adalah hari bersejarah, karena kasih dan kehendak Allah, sehingga kita bisa menyaksikan peresmian asrama, dan tentunya kita bersyukur kepada Tuhan atas berdirinya gedung ini,” ujar Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH., dalam sambutannya.

Kalau mau bicara sejarah perjalanan, maka mungkin kita yang paling susah, namun semua adalah sejarah perjalanan panjang, yang tidak pernah akan terulang.

“Saat ini berbeda, sehingga, mahasiswa yang ada harus bisa memanfaatkan bantuan dan fasilitas sebaik mungkin,” pesan Gubernur Papua.

Dirinya mengajak, kepada mahasiswa dan masyarakat untuk mendukung Bupati dan Pemerintahan yang ada, sebab kebijakan yang diambil untuk membangun asrama adalah bagian dari inovasi mendukung Pemerintah membangun sumber daya manusia.

Tak hanya bicara soal prestasi, Gubernur juga kembali mengingatkan akan pentingnya pendidikan budi pekerti. Dengan pendidikan budi pekerti, mahasiswa dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat. Gubernur berpesan kepada seluruh pengurus agar dapat sama-sama merawat keberadaan asrama tersebut.

"Apa yang disampaikan oleh Pendeta dalam ibadah, tanamkan itu jangan mabuk-mabuk sehingga bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Saya harap asrama Putra maupun Putri harus digunakan dengan baik, jangan digunakan untuk mabuk mabuk, kita mau kejar persaingan itu harus dengan daya saing kita dan kualitas kita lebih bagus." ungkapnya.

Sementara itu Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak mengatakan bangunan asrama yang baru diresmikan oleh Bapak Gubernur, ini salah satu bukti dari program serta perhatian Bapak Gubernur Dalam menyerahkan dana OTSUS kepada Kabupaten/Kota yang dimana alokasi dibidang pendidikan sebesar 30 persen dari Dana yang dibantu.

Dikatakan Pembangunan Asrama Mahasiswa ini dari dana OTSUS dan juga Dana DAU oleh Kabupaten Mamberamo Tengah sejak tahun 2015/ 2016/ 2017.

Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah mendapatkan dana setiap tahun sebesar 107 miliar dan dari dana itu sudah dialokasikan untuk bidang pendidikan 30 persen.

"Pembangunan Fisik seperti sekolah mulai dari tingkat TK sampai ada sekolah yayasan dari gereja juga kami bantu, selain itu juga ada dua kota studi yang kami bangun asrama yaitu Jayapura dan Menado. ada 10 kota studi di Indonesia yang kami siapkan pemondokan untuk mahasiswa. Serta ada dua sekolah pendidikan Agama yang kami bangun dan bantu biaya pendidikan serta operasionalnya", ungkapnya.
 
Sementara untuk, pembangunan SDM setiap tahun pemerintah mengalokasikan dana bantuan pendidikan bagi mahasiswa Mamberamo Tengah yang kuliah di dalam dan luar negeri.

"Jadi itu yang Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah lakukan sehingga ke depan akan terus dilakukan, karena Mamberamo Tengah harus dibangun dengan SDM yang sudah siap, yang tak lain mereka adalah anak-anak Mamberamo Tengah sendiri," ungkapnya.
 
Tujuan Pembangunan Asrama Mahasiswa Kabupaten Mamberamo Tengah ini merupakan salah satu bukti kepedulian pemerintah terhadap peningkatan sumber daya manusia, khususnya pendidikan tinggi dalam menyediakan wadah tempat tinggal bagi mahasiswa dan mahasiswi Kabupaten Mamberamo Tengah yang sedang menuntut ilmu di kota Jayapura, sehingga mereka tetap fokus dalam proses perkuliahan guna menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan tepat waktu.

Dalam laporan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mamberamo Tengah, Amar Pagawak dalam peresmian Asrama Mahasiswa Putra dan Putri Kabupaten Mamberamo Tengah Tahun 2017 menyampaikan, pembangunan Asrama Mahasiswa Putra dilakukan pada tiga tahap yaitu,

Tahap pertama dilaksanakan pada tahun 2015 dengan menggunakan sumber dana Otsus sebesar Rp. 6.350.000.000 (Enam Miliar Tiga Ratus Lima Puluh Juta Rupiah).

Tahap ke dua, pada tahun 2016 sebesar Rp. 3.730.500.000 (Tiga Miliar Tujuh Ratus Tiga Puluh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Tahap ke tiga, pada tahun 2017 sebesar Rp.1.500.000.000 (Satu Miliar Lima Ratus Juta Rupiah) dengan sumber dana dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Untuk Pembangunan Asrama Mahasiswa Putri dilaksanakan pada tahun 2015 dengan menggunakan Sumber Dana Alokasi Umum (DAU) 5.560.650.000, (Lima Miliar Lima Ratus Enam Puluh Juta Enam Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

Fasilitas asrama mahasiswa Putra berupa 60 ruang tidur beserta kelengkapannya, kamar mandi dan dapur. Sedangkan fasilitas asrama Putri terdapat 34 ruang tidur beserta kelengkapannya, dapur, gudang, kamar mandi dan ruang pertemuan.

Dibaca 52 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.