Gubernur : PON Papua 2020 Sudah Pasti Terlaksana | Pasific Pos.com

| 22 November, 2017 |

Gubernur Papua, Lukas Enembe bersama Forkopimda saat mendengarkan pemaparan venue PON XX 2020. Gubernur Papua, Lukas Enembe bersama Forkopimda saat mendengarkan pemaparan venue PON XX 2020.

Gubernur : PON Papua 2020 Sudah Pasti Terlaksana

Info Papua Penulis  Sabtu, 21 Oktober 2017 19:23 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Gubernur Papua, Lukas enembe optimis kalau pelaksanaan PON XX 2020 di Papua sudah pasti terlaksana karena pembangunan venue Stadion Papua Bangkit di atas lahan 13 hektar pengerjaanya akan mencapai 40-50 persen pada Desember 2017.

"Bagaimana mau diragukan kalau di Timika sudah punya gedungnya. Stadion ini terbesar kedua setelah stadion Gelora Bung Karno," kata Gubernur dalam acara peresmian kantor sekretariat PB PON XX 2020 di Jalan Ampibi Hamadi, Jumat (20/10/17).

Lukas menilai, kesempatan PON 2020 di Papua yang dipercayakan oleh Pemerintah Indonesia merupakan kesuksesan, kebanggaan, dan harga diri masyarakat Papua. Bahkan sudah terbitkan melalui Instruksi Presiden Indonesia.

"Seluruh perangkat disipakan termaksud sumber daya manusia. Pemain juga harus disiapkan sekarang mulai dari umur 15 tahun sehingga benar-benar mempersembahan yang terbaik untuk Indonesia khususnya Papua," kata Lukas.

Stadion Papua Bangkit menelan dana Rp 1,4 triliun

Stadion Papua Bangkit yang terletak di Sentani, Kabupaten Jayapura dibangun oleh PT PP dan direncanakan akan rampung pada Desember 2018, berkapasitas 40 ribu penonton dan berornamenkan khas Papua pada dinding, kursi merah putih pada tempat duduknya.

"Kami mau bukan untuk menjadi tuan rumah saja tapi menjadi atlet berprestasi sehingga harus dipersiapkan dengan baik. Papua harus punya target. Kerja sama demi keberhasilan PON," kata Lukas.

Stadion Papua Bangkit yang diklaim sebagai saksi sejarah di Papua karena memenuhi standar FIFA, akan menjadi tempat pembukaan dan penutupan pelaksanaan PON XX 2020.

Nantinya, mengawali pelaksaan PON yang akan dihadiri ribuan atlet dari berbagai daerah di Indonesia, akan dilakukan pelepasan api PON dimulai dari Salawati Kabupaten Raja Ampat diarak menuju lima lokasi venue PON di Papua seperti yang sudah disebutkan.

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano mengaku sangat mengapresiasi Gubernur Papua, Lukas Enembe untuk mensukseskan PON XX 2020 di Papua karena Kota Jayapura sebagai ibu kota Provinsi Papua.

"Saya bersama seluruh ASN mendukung penuh penyelanggaraan PON dan siap mensukseskan. Saya dalam rapat kerja pemerintah daerah ada sesi diberikan untuk pemaparan untuk PON. Kita harus optimis PON akan dilaksanakan di Papua setelah saya mengikuti paparan venue yang sudah dibangun. Lebih dekat lagi berkoordinasi dengan pengurus PB PON," kata Benhur.

Sebagai dukungan, Pemerintah Kota Jayapura sudah menyisihkan dana dari anggaran perubahan dan juga membuat rapat kerja khusus PON pada Oktober 2017.

Dalam rapat ini mambahas dan mengundang PB PON provinsi dan menghadirkan pemerintah pusat. Untuk melihat jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan di Kota Jayapura. Kita melihat venue di Kota Jayapura baik yang bangun baru atau di rehab.

"Kami menghitung penginapan seperti hotel melihat kekuatan transportasi, ketersediaan bahan makanan, atlet, asisten pelatih, pelatih offcial. Satu cabang olahraga itu berapa dibutuhkan. Undang semua pengcab, koni dan provinsi," kata Benhur.

Dibaca 119 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.