Gubernur Resmikan Gedung Kantor PB PON Papua | Pasific Pos.com

| 22 November, 2017 |

Gubernur Papua, Lukas Enembe saat meresmikan Kantor Sekertariat Panitia Besar (PB) PON XX tahun 2020 di jalan Amphibi Angkatan Laut, Hamadi Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Jumat (20/10/17). Gubernur Papua, Lukas Enembe saat meresmikan Kantor Sekertariat Panitia Besar (PB) PON XX tahun 2020 di jalan Amphibi Angkatan Laut, Hamadi Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Jumat (20/10/17).

Gubernur Resmikan Gedung Kantor PB PON Papua

Headline Penulis  Jumat, 20 Oktober 2017 19:09 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA, - Kantor Sekertariat Panitia Besar (PB) PON XX tahun 2020 yang terletak di jalan Amphibi Angkatan Laut, Hamadi Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Jumat (20/10/17), diresmikan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe.

Acara ditandai dengan membunyikan sirene dan pengguntingan pita oleh Gubernur yang didampingi jajaran Forkopimda Papua dan Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda.

"Pemerintah Provinsi menyambut baik dengan keberadaan Sekertariat ini. Saya ingin menegaskan bahwa tidak boleh ada lagi keraguan bahwa PON tidak jadi di Papua. Kita sudah bangun Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, stadion terbesar kedua di Indonesia setelah Stadion Gelora Bung Karno," ujar Gubernur.

Dengan diresmikannya kantor sekertariat PB PON, kata Gubernur Lukas, semua orang tidak lagi pesimis bahwa PON XX tidak akan dilaksanakan di Papua.  

“setelah peresmian gedung ini, maka semua aktivitas menyangkut PON akan dilaksanakan di kantor ini. Jangan di tempat lain, semua harus dilaksanakan disini," tegasnya.

Menyangkut pembangunan fasilitas lainnya, kata Gubernur akan segera dibangun termasuk pembangunan stadion Papua Bangkit yang saat ini progressnya sudah 22 persen surplus 9 persen dari target  selesai pada 28 Desember 2018.

"Untuk anggaran kita telah anggarkan dalam APBD tahun 2018 yaitu untuk PON dan juga Pilgub. Jika ada kekurangan akan ditambahkan dalam APBD Perubahan," ujar Gubernur.

Ia menambahkan, pembangunan juga akan difokuskan di sejumlah cluster di Kabupaten Jayawijaya, Merauke, dan Biak.

"Ini sejarah PON di Papua, bahkan Presiden sudah mengeluarkan Inpres PON Papua. Dengan demikian sekali lagi kita harus optimistis PON Papua akan berjalan sukses," akunya optimis.

Lanjutnya, harga diri orang Papua itu ada di Olahraga dan Seni budaya. Oleh karena itu, kita harus bersyukur  Pemerintah Indonesia mempercayakan Papua sebagai tuan rumah PON.

Selain menyiapkan fasilitas infrastruktur PON, gubernur juga mengingatkan untuk disiapkan atlet. "Kepada setiap Kabupaten harus menyiapkan atletnya. Sebab kami mau tunjukkan bahwa kami siapkan atlet berprestasi yang bisa mengguncang asia dan dunia," tegas Gubernur.

Sementara itu Ketua Harian PB PON XX, Yunus Wonda menyebutkan bahwa gedung ini adalah yang pertama disiapkan.

"Kami optimis PON bisa dilaksanakan. Sebab kita dipercayakan oleh negara. Oleh sebab itu mari bergandeng tangan, tinggalkan semua pemikiran tidak bisa, tidak mungkin tapi kita harus yakin pasti bisa," ujarnya optimistis.

Dibaca 92 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.