Dibutuhkan Aplikasi Sistem Teknologi Informasi Desa | Pasific Pos.com

| 15 December, 2018 |

Dibutuhkan Aplikasi Sistem Teknologi Informasi Desa

Papua Barat Penulis  Kamis, 19 Oktober 2017 14:03 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo mengakui bahwa aplikasi sistem teknologi informasi desa di era sekarang, sangat dibutuhkan.

“Teknologi informasi ini bukan hanya alat untuk memantau pembangunan desa sebagaimana namanya, tetapi juga sebagai pustaka desa yang berisi data untuk merencanakan pembangunan  esa dan kawasan pedesaan,” kata Wakil Bupati dalam kegiatan Pelatihan Aparatur Kampung tentang Data dan Informasi Kampung, Rabu (18/10/17).

Ia menjelaskan, untuk sampai ke tingkat penggunaan aplikasi teknologi informasi desa, ada hal yang harus disiapkan terlebih dahulu, yakni desa harus mengenali dulu kewenangannya.

Di samping itu, Budoyo mengatakan, dasar melakukan atau mengaplikasi sistem informasi desa harus diketahui agar menjadi lebih mudah, sistematis, dan terdokumentasi dalam melakukan perencanaan pembangunan desa, sehingga memiliki dasar dan data yang nyata.

“Melalui pelatihan, diharapkan bisa meningkatkan kapasitas desa dalam pengelolaan data dan informasi agar pengetahuan tentang sistem informasi desa atau kampung bisa dikuasai merata oleh aparat kampung,” katanya.

Perencanaan pembangunan desa berbasis aset ini dikembangkan oleh Forum Desa Nusantara untuk membantu pemerintahan desa menyusun RPJMDES dan RKPDES, sehingga dibutuhkan perencanaan yang baik guna menunjang sistem informasi, ke depan.

“Metode yang digunakan, antara lain, ceramah, diskusi, dan tanya jawab, serta praktek. Pelatihan ini turut melibatkan narasumber dari Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dari Kota Malang dan Dinas Pemberdayaan dan Kampung Kabupaten Manokwari,” tambah Kismoro, ketua panitia pelaksana.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari, mulai 18-20 Oktober 2017, diikuti 32 peserta yang terdiri dari kepala kampung, sekretaris kampung, dan ketua bamuskam. [SDR-R1]

Dibaca 364 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik