Maidodga: Hanya Kaimana Belum Lengkap Berkas Usulan Formasi CPNS | Pasific Pos.com

| 22 November, 2017 |

Maidodga: Hanya Kaimana Belum Lengkap Berkas Usulan Formasi CPNS

Papua Barat Penulis  Selasa, 17 Oktober 2017 14:15 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua Barat, Yustus Maidodga mengatakan, formasi umum penerimaan calon pengawai negeri sipil (CPNS) di kabupaten dan kota se-provinsi Papua Barat tetap menggunakan sistem online dan Computer Assisted Test (CAT).

Hal ini ditegaskan Maidodga menanggapi adanya aksi demo damai yang dilakukan sarjana pengangguran untuk menolak sistem formasi penerimaan CPNS menggunakan sistem online dan CAT.

“Tim yang pernah demo di kantor Gubernur Papua Barat sudah ketemu dengan saya, dan saya sudah katakan kepada mereka bahwa penerimaan CPNS untuk tingkat provinsi tetap menggunakan sistem online dan cat,” kata Maidodga kepada para wartawan di kantor Gubernur Papua Barat, Senin (16/10/17).

Bahkan, kata dia, formasi penerimaan CPNS dengan sistem online dan cat ini bukan saja diberlakukan ditingkat provinsi tetapi 12 kabupaten dan 1 kota sudah sepakat.

Bahwa, lanjut dia, formasi penerimaan CPNS mulai dari tahun ini dan seterusnya menggunakan sistem on-line dan cat.

“Kabupaten Manokwari Selatan, maupun Kabupaten Pengunungan Arfak pun sudah siap untuk memberlakukan sistem on-line dan cat. Sebab, semuanya akan datang ke Manokwari,” katanya.

Ia menambahkan, untuk saat ini semua persyaratan usulan formasi penerimaan CPNS semuanya sudah lengkap. Namun, kata dia, menurut informasi Kabupaten Kaimana belum memasukan berkas usulan formasi penerimaan CPNS.

“Kalau Kabupaten Kaimana sudah masukan berkas usulan formasi penerimaan CPNS dan sesuai dengan ketentuan, maka langsung di proses. Ini karena ada kebijakan baru dari Menteri Aparatur Sipil Negera (Menpan-RB) terkait dengan formasi umum penerimaan CPNS.

Disinggung tentang kuota penerimaan CPNS Papua Barat di tahun 2017,  ia mengatakan, untuk tingkat provinsi Papua Barat memiliki kuota CPNS berjumlah 231. Tetapi, kabupaten dan kota pun memiliki kuota masing-masing.

Lebih lanjut, kata dia, penerimaan CPNS baik di bidang pendidikan, kesehatan dan infrakstruktur serta bidang lainnya sudah termasuk dalam kuota 231 untuk tingkat Provinsi.

Ia mengatakan, untuk sementara ini mungkin berkas usulan formasi CPNS dari Kabupaten Kaimana sudah dimasukan. Menurut rencana, lanjut dia, direncana proses penerimaan CPNS semuanya diselesaikan di tahun ini.

“Jadi di bulan Desember sudah selesai, tapi  kalau molor sedikit mungkin Januari barulah tuntas,” katanya.

Disinggung tentang formasi khusus bagi 1283 honorer yang akan diangkat menjadi CPNS, ia mengaku, hal ini juga masih dalam proses.

“Formasi khusus 1283 honorer ini sementara masih berjalan. Jadi teman-teman tunggu saja, nanti kita akan sampaikan mungkin tahapan seleksi dan tahapan selanjutnya.

Proses formasi khusus 1283 honorer di Papua Barat ini bukan saja di proses di bagian BKD, BPKP tetapi dan BKN inilah yang membuat prosesnya sedikit lama,” tandas Maidodga. [FSM]

Dibaca 200 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.