Pasific Pos.com | Ratusan Kepala Kampung Ikut Sosialisasi Pencegahan Korupsi Dana Kampung

  |  23 October, 2017

Plh Bupati Jayapura, Drs. Yerry F. Dien bersama sejumlah pejabat sedang menabuh tifa tanda dibukanya sosialisasi, di Aula Lantai III Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Rabu (12/10/17). Plh Bupati Jayapura, Drs. Yerry F. Dien bersama sejumlah pejabat sedang menabuh tifa tanda dibukanya sosialisasi, di Aula Lantai III Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Rabu (12/10/17).

Ratusan Kepala Kampung Ikut Sosialisasi Pencegahan Korupsi Dana Kampung

Kabupaten Jayapura Penulis  Rabu, 11 Oktober 2017 19:20 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI – Guna mencegah terjadinya korupsi terhadap Dana Kampung yang dikuncurkan ke setiap kampung maka Pemerintah Kabupaten Jayapura melaksanakan mengawali dengan melakukan sosialisasi pencegahan korupsi dana kampung kepada ratusan kepala kampung dan aparatnya.

Sosialisasi ini diselenggarakan sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam membangun daerah bersama dengan pemerintah kampung. Dana yang diturunkan ke setiap kampung jumlahnya sangat besar sehingga dalam pengelolaannya perlu mendapat pendampingan yang diawali dengan sosialisasi.

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Jayapura, Drs. Yerry F. Dien dalam sambutannya mengatakan, dana kampung yang di turungkan ke setiap kampung yang bersumber dari dana APBN sangat besar sehingga penggunaannya juga harus di gunakan sebagaimana mestinya.

“Sebab jika dana tersebut di gunakan tidak sesuai dengan petunjuk atau peraturan maka sudah tentu akan berurusan dengan pihak berwajib. Kampung dapat mengelola setiap dana yang datang ke kampung dengan menganut sistim-sistim penggunaan anggara yang baik dan benar supay dapat terhindar dari penyalahgunaan,” ujar Sekda saat membuka sosialisasi di Aula Lantai III Kantor Bupati Jayapura, Rabu (12/10/17).

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam aspek pengelolaan keuangann berdasarkan pada penilaian Badan Pemeriksa Keungan (BPK) mendapat penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penilaian ini menandahkan bahwa pengelolaan keuangan daerah sangat bagus sehingga perlu di teruskan hingga ke tingkat kampung.

“Kami berharap supaya setiap kepala kampung yang mengikuti sosialisasi dapat memahami materi dengan baik dan selanjutnya setelah kembali ke kampung masing-masing dapat menjalan tugas-tugas pengelolaan keuangan dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, mewakili peserta sosialisasi yang hadir, Kepala Kampung Yakonde Distrik Waibu, Kostan Daimoi menuturkan, dirinya sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada pemerintah karena memberikan perhatian kepada kampung lewat kegiatan sosialisasi.

“Materi yang diberikan ini sangat penting bagi kami selaku kepala kampung dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat kampung untuk menggunaan dana kampung secara baik demi pembangunan kampung ke arah yang lebih baik,” tukasnya.

Ditambahkan, pihaknya setelah pulang dari sosialisasi akan membawa sejumlah pengetahuan yang akan dibagikan kepada aparat kampung sehingga pengelolaan keuangan di tingkat kampung dapat di kelola dengan baik.

Dibaca 50 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini