Pasific Pos.com | Adam Arisoi: Baru Tiga Parpol Daftar ke KPU

  |  23 October, 2017

Ketua KPU Papua, Adam Arisoy. Ketua KPU Papua, Adam Arisoy.

Adam Arisoi: Baru Tiga Parpol Daftar ke KPU

Sosial & Politik Penulis  Rabu, 11 Oktober 2017 19:24 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Terkait dengan pendaftaran partai politik (Parpol), Ketua KPU Provinsi Papua, Adam Arisoi mengungkapkan, jika sampai Rabu (11/10/17), sudah tiga partai politik yang mendaftar ke KPU.

Dijelaskannya, ketiga partai politik itu, diantaranya Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

“Pendaftaran parpol sudah berjalan mulai 3 Oktober dan terakhir 16 Oktober. Karena itu di kabupaten kota, kami mendapatkan informasi yang sudah mendaftar itu, diantaranya PSI, Parsindo, Perindo,” kata Adam Arisoi kepada Wartawan di DPR Papua, Rabu (11/10/17).

Ketika disinggung soal partai lokal yang juga sudah mendaftar ke KPU Papua baru-baru ini, Adam Arisoi mengakui pihaknya tidak bisa berkomentar soal itu.

“Kami belum tahu, karena harus ada mekanisme yang ada didalam Undang-undang dan PKPU. Kami tidak bisa melangkah tanpa ada catatan hukumnya dalam UU Nomor 17 tahun 2014,” ungkapnya.

Apakah soal partai lokal ini, KPU Papua masih akan konsultasi dengan KPU RI, karena mereka sudah daftar ke KPU? Adam Arisoi mengatakan, jika partai lokal yang mendaftar di KPU Papua itu, belum mendapatkan informasi dari Bagian Hukum KPU Papua, karena saat itu ia berada di luar Papua dan yang menerima pendaftaran mereka bagian hukum.

“Nanti kita koordinasi dengan KPU RI, kalau memang bisa ikut, bisa ikut, kalau tidak ya tidak, karena yang namanya partai harus ada di dalam UU Nomor 7, kalau ada gampang, regulasinya PKPU-nya, sistemnya tetap nasional tapi ini kan berbentuk lokal,” terangnya.

Yang jelas, tandas Adam, untuk pendaftaran partai politik ini, partai lama juga wajib mendaftar kembali ke KPU dan mereka harus mempersiapkan administrasi.

“Mereka tidak diverifikasi faktual tapi administrasinya diperbaiki lagi. Tapi sejauh ini, mereka belum daftar,” tandas Adam.

Adam mengaku, jika pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan pengurus 12 parpol di Papua.

“Tolonglah yang lama siapkan administrasinya, yang baru siapkan dokumen-dokumennya karena kita faktual. Jangan sampai di injury time pada 16 Oktober baru semua partai mendaftar,“ paparnya.

Itu kan sudah diingatkan, jangan di hari terakhir, karena kita juga punya kesibukan yang lain,” sambungnya. (TIARA)

Dibaca 44 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini