Pasific Pos.com | Kantor Bupati Mambramo Raya Dipalang

  |  23 October, 2017

Tampak pintu kantor pemerintah daerah kabupaten Mambramo Raya yang dipalang oleh masyarakat adat kampimg Burmeso. Tampak pintu kantor pemerintah daerah kabupaten Mambramo Raya yang dipalang oleh masyarakat adat kampimg Burmeso.

Kantor Bupati Mambramo Raya Dipalang

Sosial & Politik Penulis  Rabu, 11 Oktober 2017 00:53 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, Kantor pemerintah daerah kabupaten Mambramo Raya dipalang oleh masyarakat adat kampimg Burmeso.

Pemalangan ini dipicu oleh rasa tidak puas masyarakat atas  ketidakberadaan Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan beberapa kepala SKPD dan anggota DPRD kabupaten Mamberamo Raya yang mengakibatkan tidak adanya pelayanan publik.  

Masyarakat merasa kecewa dan melakukan pemalangan terhadap perkantoran untuk menuntut bupati, wakil bupati, sekda dan para kepala dinas untuk kembali ke Mamberamo Raya untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka melayani masyarakat di Mamberamo Raya.

Pemalangan oleh masyarakat ini dengan koordinator Yonas Tasti, Dolfimus Tasti, Natan Tasti dan Albertha Tasti selaku kepala kampung.

Pemalangan yang dilakukan di perkantoran Pemda Mamberamo  menggunakan kayu balok, papan dan kayu buah yang dipaku menyilang menutupi setiap pintu masuk perkantoran di Pemda Kabupaten Mamberamo Raya.

Adapun perkantoran yang dipalang antara lain, Kantor Dinas Pertanian dan Perikanan, Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penata ruang, Knator Dinas Perumahan dan Permukiman, Kantor Satuan Polisi Pamong Praja, Kantor Dinas Deperindag, Kantor Dinas Koperasi dan UKM, Kantor Dinas Sosial Tenaga kerja dan Transmigrasi, Kantor Kementrian Agama, kantor Pemberdayaan Masyarakat kampung, kantor Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak dan keluarga Berencana, Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kantor Inspektorat, Kantor Dinas Perhubungan, Kantor Dinas Pendapatan Daerah, Kanyor Sumber Daya Mineral, Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat, Kantor Badan Kepegawaian Daerah dan Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Sekitar pukul 10.30 wit Kasat Intelkam Polres Mamberamo Raya melakukan koordinasi dengan kordinator pemalangan Yonas Tasti. Kasat saat itu meminta agar palang dibuka, namun permintaan ini ditolak.

Yonas Tasti menjelaskan bahwa pemalangan itu di lakukan atas kehendak masyarakat dengan tuntutan agar bupati, wakil bupati dan sekda kembali ke Mamberamo Raya dan lakukan pertemuan dengan masyarakat barulah palang dibuka sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan dengan baik.

Sekitar pukul 11.30 - 12.00 WIT anggota Polres Mamberamo Raya dipimpin Wakapolres Mamberamo Raya, Kompol M. Bahimuda dan didamping Kasat Intelkam Iptu S. Lakburlawal melakukan pembukaan palang terhadap pada perkantoran pemda Mamberamo Raya.

Mendengar polisi sudah membuka palang di perkantoran, masyarakat merasa marah dan melakukan aksi pemalangan jalan dekat jembatan Katineno kampung Burmeso distrik Mamberamo Tengah.

Kembali kasat Intelkam melakukan koordinasi dan negoisasi dengan koordinator palang dan masyarakat Burmeso akan tetapi masyarakat bersikeras menuntut kehadiran bupati cs, tiba di Mamberamo Raya melakukan pertemuan dengan masyarakat barulah palang bisa dibuka.

Walau ada aksi pemalangan jalan namun aktifitas masyarakat berjalan normal karena pemalangan yang di lakukan di dekat jembatan Katineno kampung Burmeso masih bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan juga jalan kaki kecuali kendaraan roda empat yang tidak bisa melewati jalan tersebut.

Dibaca 47 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini