Pasific Pos.com | Agar Dapat Bantuan Kapal, Nelayan Papua Didorong Bentuk Koperasi

  |  23 October, 2017

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, FX Mote. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, FX Mote.

Agar Dapat Bantuan Kapal, Nelayan Papua Didorong Bentuk Koperasi

Ekonomi & Bisnis Penulis  Rabu, 11 Oktober 2017 00:21 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua FX Mote meminta kepada nelayan di Papua untuk segera membentuk koperasi.

Sebab, Kementerian Kalautan dan Perikanan (KKP) akan memberikan bantuan berupa kapal dan alat tangkap kepada nelayan hanya melalui koperasi nelayan yang berbadan hukum.

Oleh karena itu, dia pun meminta kepada nelayan Papua di 13 kabupaten pesisir untuk segera membentuk koperasi nelayan.

“dari 13 kabupaten pesisir hanya 3 kabupaten yang sudah mendapat bantuan kapal dari KKP, Yakni Kabupaten Merauke, Sarmi dan Waropen,” ungkap FX Mote kepada wartawan di Jayapura, Selasa (10/10/17).

Mote mengatakan, jatah kapal bantuan dari KKP untuk Provinsi Papua sebanyak dua ratus lebih, namun yang baru tersalur itu seratus lebih.

“saya harapkan nelayan di kabupaten lain untuk segera membentuk koperasi. Kemudian Dinas setempat melaporkan kepada Dinas Kelautan dari Perikanan Provinsi, sehingga dapat diusulkan kepada KKP untuk mendapat bantuan kapal,”katanya.

Selain itu, katanya, koperasi yang dibentuk pun anggotanya harus mempunyai kartu nelayan. Sebab, jika nelayan tidak membentuk koperasi, KKP, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dan Kabupaten tidak dapat memberikan bantaun, baik itu kapal, alat tangkap, bibit ikan dan itu sudah menjadi ketentuan yang diterapkan oleh Kementerian. Jelasnya.

Dibaca 75 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini