Pasific Pos.com | Tahun Depan, Pemprov Papua Kelola SMA/SMK

  |  23 October, 2017

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua, Elias Wonda. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua, Elias Wonda.

Tahun Depan, Pemprov Papua Kelola SMA/SMK

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Rabu, 11 Oktober 2017 00:14 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua dipastikan akan mengambil tanggungjawab untuk mengelola SMA/SMK dari Pemerintah kabupaten/kota. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Elias Wonda,SPd, MH kepada wartawan di Jayapura, Selasa (10/9/17).

“pengalihan SMA/SMK ini dipastikan tidak mengganggu postur APBD induk Papua tahun 2018, jadi memang untuk pengalihan SMA/SMK ini sudah bisa dilakukan pada tahun 2018, saat ini tengah dalam proses finalisasi termasuk guru-gurunya,” katanya.

Dikatakan, pengalihan ini sejatinya merujuk pada UU nomor 23 tahun 2014  tentang Pemerintah Daerah, dimana pemerintah daerah bertangungjawab terhadap pendidikan setingkat SD/SMP, sedangkan pemerintah provinsi bertanggung jawab atas pendidikan setingkat SMA/SMK.

“Terkait dengan pembayaran gaji dan sebagainya ini menjadi tangunggjawab provinsi, begitu juga dengan PNS dari kabupaten/kota khususnya guru juga menjadi pegawai provinsi,” katanya.

Mengenai pengawasan, pria berkacamata ini menyebutkan bahwa pemerintah provinsi tentu berharap pemerintah kabupaten/kota juga tetap mengawasi untuk pelaksanaan pendidikan di SMA/SMK di daerah masing-masing.

“Pengawasan kan tetap berjalan, tetapi kita harapkan kabupaten/kota juga membantu mengawasi karena kita tidak intens dalam mengawasi hal ini dengan baik,”sebutnya.

Menurutnya, sapaan akrabnya, Pemprov Papua melalui Dinas Pendidikan sudah berkomitmen agar pengalihan SMA/SMK ini bisa berjalan dengan baik. “Pengalihan ini memang harus direalisasikan sehingga pengalihan kita upayakan untuk segera terwujud,”pungkasnya.

Dibaca 29 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini