NR, Pelaku Penipuan 1 Miliar Ditangkap Polisi di Tarakan | Pasific Pos.com

| 24 January, 2020 |

NR, Pelaku Penipuan 1 Miliar Ditangkap Polisi di Tarakan

Papua Barat Penulis  Selasa, 10 Oktober 2017 15:07 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Akhirnya, NR (47 tahun) berhasil ditangkap gabungan anggota Polres Manokwari bersama Resimen Brimob Tarakan di salah satu rumah kos di Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Sabtu (7/10/17).

Setelah ditangkap, NR dibawa Tim Buser dan Tim Suanggi dari Kalimantan Utara dan tiba di Bandara Rendani, Manokwari, Senin (9/10) sekitar pukul 06.30 WIT, menumpang pesawat Batik Air.

Pantauan Tabura Pos di Bandara Rendani, Manokwari NR dibawa keluar melalui pintu kedatangan dengan kondisi kedua tangan diborgol, tetapi ditutupi jaket.

Kasat Reskrim Polres Manokwari, AKP Aris Diego Kakori mengungkapkan, NR diamankan berdasarkan laporan polisi (LP) Nomor: LP/573/X/2017/Papua Barat/Res Manwar atas tindak pidana penipuan sebesar Rp. 1 miliar.

“Sejak dibuatnya LP, pelaku semakin sulit dihubungi. Namun atas informasi salah satu saksi, pelaku diketahui berangkat ke Jakarta, kemudian melanjutkan perjalanan ke Tarakan dengan tujuan bersembunyi,” ungkap Kakori kepada para wartawan via ponselnya.

Ia menjelaskan, penipuan ini terjadi sekitar Januari-September 2017. Kronologisnya, ungkap Kakori, NR yang juga terlapor, menemui AI (56 tahun) selaku pelapor yang juga sebagai korban dengan alasan akan membeli kebutuhan proyek Resto Inggandi Beach di Jl. Pasir Putih, Kelurahan Pasir Putih, Kabupaten Manokwari, milik korban yang proyeknya dipegang pelaku.

Ditambahkan Kasat Reskrim, pada 27 dan 29 September 2017, pelaku mendatangi korban lagi untuk meminjam uang dengan alasan menebus mobil yang digadai dengan memberikan jaminan cek ke korban. Namun setelah cek mau diuangkan oleh korban, ternyata ceknya kosong.

Merasa ditipu dan dirugikan, lanjut Kasat Reskrim, korban melaporkan kasus ini ke Polres Manokwari untuk diproses hukum.

Ia menegaskan, untuk mempertanggungjawabjan perbuatannya, pelaku sudah ditahan di tahanan Polres Manokwari sembari menunggu proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut. [BOM-R1]

Dibaca 936 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik