Pemprov Papua Harap Tahapan Pilgub Berjalan Baik | Pasific Pos.com

| 19 January, 2020 |

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Hery Dosinaen. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Hery Dosinaen.

Pemprov Papua Harap Tahapan Pilgub Berjalan Baik

Info Papua Penulis  Senin, 09 Oktober 2017 14:31 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen berharap tahapan pemilihan Gubernur dan wakil gubernur Papua tahun 2018 bisa berjalan baik.

“Setelah Penandantanganan Naskah Perjanjaian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua bersama KPU Papua, kami mengharapkan agar tahapan pilkada Gubernur bisa berjalan dengan baik,” ujar Sekda di Jayapura, Senin (9/10).

Kata Sekda, NPHD yang ditandantangani KPU bersama pemerintah dengan anggaran Rp 850 milliar dari Rp. 1,031 triliun, sebelumnya kita sudah tandatangani dengan Bawaslu sebesar Rp. 250 milliar dan Keamanan sebesar Rp. 230 milliar.

Oleh karena itu, dengan anggaran yang ada pihaknya mengharapkan KPU dapat memaksimalkan dengan baik.

Sementara itu, Komisioner KPU Papua Bidang Keuangan dan Logistik, Izak Hikoyabi menjelaskan bahwa usai penandatanganan NPHD Pilkada Gubernur Papua tahun 2018 mendatang, pihaknya berencana membentuk Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang rencananya digelar pada 12 Oktober 2017.

“Pastinya saat ini kita segera masuk ke tahapan Pilgub yanh pertama di depan mata, yakni membentuk perangkat pemungutan suara. Dimana sesuai jadwal akan dibentuk pada 12 Oktober mendatang,"jelasnya.

Selain melakukan pembentukan PPD dan PPS, KPU Papua juga tengah melakukan tahapan pencalonan bakal calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan, yang proses tahapannya sementara sedang berjalan.

“Namun sampai saat ini belum ada pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan yang memasukkan dokumen pendukung," ungkapnya.

Dirinya juga berharap dengan sudah ditandatanganinya NHPD itu, proses PilgubPapua Pilkada yang sudah semakin dekat dapat berjalan dengan baik, aman dan damai serta berada pada koridor hukum maupun aturan perundang-undangan.

“Untuk itu kita imbau kepada simpatisan maupun pendukung agar bisa menciptakan suasana yang aman dan damai jelang Pilgub maupun saat Pilgub berlangsung. Kedepankan asas demokrasi yang bermartabat saat Pilkada nanti," pungkasnya.

Dibaca 567 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.