Panwaslu Jangan Lagi Ulangi Kesalahan | Pasific Pos.com

| 22 January, 2020 |

Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Sekda Papua, Doren Wakerkwa, menyalami anggota Panwaslu yang baru dilantik, Selasa (3/10/17). Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Sekda Papua, Doren Wakerkwa, menyalami anggota Panwaslu yang baru dilantik, Selasa (3/10/17).

Panwaslu Jangan Lagi Ulangi Kesalahan

Sosial & Politik Penulis  Selasa, 03 Oktober 2017 17:08 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Sebanyak 84 Anggota Panwaslu 29 kabupaten/kota resmi dilantik oleh Ketua Bawaslu Papua Peggi Wattimena di Hotel Aston Jayapura, Selasa (3/10/17).

Bawaslu Papua juga melaksanakan Bimbingan Teknis (bimtek) bagi anggota Panwaslu se kabupaten/kota yang baru dilantik tersebut.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Sekda Papua, Doren Wakerkwa, mengharapkan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten/kota untuk tidak mengulang kesalahan pada pilkada lalu.

“Bimtek ini harus memberikan manfaat kepada anggota Panwaslu yang baru dilantik, kita harapkan Panwaslu tidak mengulangi kesalahan pada pilkada lalu, banyak anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah, tetapi tidak berjalan dengan baik, karena rekomendasi dari Panwaslu,”ungkapnya.

Panwaslu juga diharapkan untuk mengawal proses pilkada dengan baik dengan memperhatikan azas demokrasi dengan memperhatikan kondisi daerah secara holistik.

“Panwaslu harus kedepan utamakan kejujuran dalam penyelenggaraan pilkada serentak, harus selesaikan masalah dengan musyawarah, tidak membawa permasalahan ke tingkat Bawaslu Provinsi, ini juga harus menjadi perhatian,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu Papua, Peggy Wattimena mengungkapkan, anggota Panwaslu 29 kabupaten/kota yang dilantik ini, diharapkan mampu melaksanakan tugas dengan baik dan lebih mengepankan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

“Kami menyampaikan selamat kepada anggota Panwas dari 29 kabupaten/kota yang dilantik, kita harapkan mampu melaksanakan tugas dengan baik,”katanya.

Meski demikian, Peggy menjelaskan bahwa masih ada 3 orang Panwaslu yang belum dilantik yakni 1 anggota Panwaslu Nabire dan 2 anggota Panwaslu Yahukimo.

“Mereka masih dalam tahap diklarifikasi, setelah ada permohonan dari masyarakat, kalau sudah selesai, mereka sudah bisa dilantik dan melaksanakan tugas,”jelasnya.

Dirinya mengharapkan agar 7 Panwaslu yang mengawasi pilkada serentak di 7 kabupaten, harus mempersiapkan diri dengan baik, serta mendorong penandatanganan NPHD dengan pemerintah daerah setempat.

“Kita harus belajar dari pengalaman pilkada serentak pada Desember 2015, Februari 2017, karena pilkada tahap ketiga pada Juni tahun 2018,”pungkasnya.

Dibaca 581 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik