Kota Merauke dan Jayapura Alami Deflasi | Pasific Pos.com

| 20 January, 2020 |

Kepala BPS Papua, Simon Sapary saat memberikan keterangan di kantornya, Senin (2/10/17).. Kepala BPS Papua, Simon Sapary saat memberikan keterangan di kantornya, Senin (2/10/17)..

Kota Merauke dan Jayapura Alami Deflasi

Ekonomi & Bisnis Penulis  Senin, 02 Oktober 2017 23:11 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Bulan  September 2017,  dua kota di Provinsi Papua mengalami deflasi berdasar Indeks Harga Konsumen (IHK). Deflasi di Kota Jayapura dan Merauke sebesar 0,26 persen dengan dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) masing-masing sebesar 129,04 dan sebesar 131,51.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua, Simon Sapary mengatakan,  dari dari 82 kota IHK tercatat 50 kota mengalami inflasi dan 32 kota mengalami deflasi.

“Inflasi tertinggi terjadi di Tual sebesar 1,59 persen dan inflasi terendah di Depok dan Mamuju sebesar 0,01 persen. Deflasi tertinggi terjadi di Manado sebesar -1,04 persen dan deflasi terendah terjadi di Tembilahan sebesar 0,01 persen.

Sementara Kota Jayapura menempati urutan ke-78 di tingkat nasional dan urutan ke-16 di tingkat Sulampua (Sulawesi,Maluku dan Papua).  Sedangkan Merauke menempati urutan ke-77 di tingkat nasional dan urutan ke-15 di tingkat Sulampua,” katanya.

Deflasi di Kota Jayapura pada September 2017 terjadi pada enam kelompok pengeluaran. Deflasi tertinggi pada kelompok pengeluaran bahan makanan sebesar 2,06 persen dan defllasi terendah pada kelompok makanan jadi, minuman rokok dan tembakau yaitu sebesar 0,01 persen. Kelompok pengeluaran yang mengalami inflasi yaitu kelompok sandang sebesar 0,49 persen.

Sedangkan Deflasi di Merauke terjadi  karena adanya deflasi pada kelompok bahan makanan sebesar 2,80 persen. Inflasi terjadi pada lima kelompok pengeluaran dengan nilai inflasi tertinggi pada kelompok makanan jadi, minuman, rokok,  dan tembakau sebesar 0,66 persen dan inflasi terendah pada kelompok perumahan, air , listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,25 persen, sedangkan kelompok pendidikan , rekreasi, dan olah raga tidak mengalami perubahan angka indeks.

Dikatakannya, faktor pendorong terjadinya deflasi di Kota Jayapura bulan September 2017 adalah penurunan harga yang cukup signifikan pada beberapa komoditi.  Jadi, untuk Kabupaten Merauke terjadinya deflasi didorong oleh penurunan harga yang cukup signifikan pada beberapa komoditi juga,” urainya.

Dibaca 716 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik