Pasific Pos.com | Pemerintah Kota Jayapura Sosialisasi Peraturan BPBJ di Kampung

  |  23 October, 2017

Narasumber dari LKPP RI Rahfan Mokoginta Saat Menyampaikan Materi Sosialisasi. Narasumber dari LKPP RI Rahfan Mokoginta Saat Menyampaikan Materi Sosialisasi.

Pemerintah Kota Jayapura Sosialisasi Peraturan BPBJ di Kampung

Kota Jayapura Penulis  Rabu, 20 September 2017 18:46 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA, - Pemerintah Kota Jayapura melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) melakukan sosialisasi peraturan BPBJ di kampung di Grand Abe Hotel, Distrik Abepura, Rabu (20/9).

Kepala BPBJ Setda Kota Jayapura Matias B. Mano mengatakan, sosialisasi dimaksud untuk memberikan pemahaman antara para aparat kampung, bamuskan dan pengelola dana kampung, karena dananya yang sangat besar.

"Banyak sekali aparat kampung menyelewengkan dana desa sehingga kami tidak mau terjadi di 14 kampung di Kota Jayapura," kata Matias.

Sosialisasi sehari tersebut menghadirkan narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengawasan Pengadaan Barang dan Jasa Indonesia Rahfan Mokoginta sebagai ahli pengadaan nasional.

Sosialisasi ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, Peraturan Pemerintah Nomor 43 petantang peraturan perundang-undangan desa, Peraturan Kepala LKPP Nomor 15 tahun 2013, dan Peraturan Wali Kota Nomor 9 Tahun 2017 tentang pengelolaan Barang dan Jasa.

"Peraturan ini sudah singkron dengan BPMPK Kota Jayapura. Banyak masyarakat yang tidak tau, karena ketika dana itu turun ke kampung maka sepenuhnya milik pribadi sehingga dipergunakan semaunya saja. Padahal itu untuk masyarakat dan ada aturan yang mengaturn dana desa ini," kata Matias.

Wakil Wali Kota Rustan Saru dalam sambutannya mengatakan, agar pengelola dana di kampung bisa memahami penggunaan anggaran yang sudah diberikan untuk pemerataan pembangunan.

"Harus evisien, efektif, tepat guna tepat sasaran dan tujuan, harus transparan, terbuka dan bergotong royong, harus hati-hati, aman dan dapat di pertangungjawabkan," kata Rustan.

Sosialisasi BPBJ di Kampung ini dihadiri sebanyak 70 orang terdiri dari Tim Pengelola Kegiatan (TPK) kepala kampung, bamuskan, bendahara, dan pendamping dana kampung.

Dibaca 25 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini