Pasific Pos.com | Pemeritah Pusat Dianggap Keliru Jika Tak Anggarkan Ring Road

  |  21 September, 2017

Anggota Komisi IV DPR Papua, Orgenes Kaway. Anggota Komisi IV DPR Papua, Orgenes Kaway.

Pemeritah Pusat Dianggap Keliru Jika Tak Anggarkan Ring Road

Headline Penulis  Rabu, 13 September 2017 19:50 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Anggota Komisi IV DPR Papua, Orgenes Kaway yang membidangi Infrastruktur meminta agar pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan dana untuk pembangunan jalan Ring Road Kota Jayapura.

Hal ini menanggapi pernyataan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua, Djuli Mambaya yang kecewa terhadap Kementerian PUPR yang menarik dukungan anggaran pembangunan Ring Road Kota Jayapura senilai Rp 60 miliar.

Legislator PKB ini menuturkan, pembangunan jalan Ring Road Kota Jayapura itu, sangat strategis lantaran menjadi jalan alternatif bagi transportasi di Kota Jayapura dan sekitarnya.

“Jadi kalau sampai Kementerian PUPR tidak menganggarkan, saya pikir sesuatu yang keliru. Sebenarnya anggaran besar yang mereka pakai itu hanya buang-buang di hutan begitu saja, itu kan percuma,” ketus  Orgenes Kaway kepada wartawan di ruang kerjanya,  Rabu (13/9/17).

Orgenes mengaku memiliki bukti fisik yang nyata di lapangan, jika pembangunan jalan Trans Papua itu, tidak semua terbangun.
Sehingga ia menilai pembangunan Trans Papua itu, tidak akan dimanfaatkan dengan baik.

“Secara fisik sampai kapan pun jalan ini tidak akan dimanfaatkan oleh masyarakat Papua karena jarak jangkauan dan medan yang sulit. Dimana jalan yang dikerjakan disini tapi yang disana sudah rusak," ujarnya.

Menurutnya, apalah artinya jalan yang sudah dibangun dengan biaya yang begitu besar lalu tidak dimanfaatkan.

"Inikan namanya buang-buang anggaran saja, " tandasnya.

Untuk itu, ia berharap Kementerian PUPR dapat membantu untuk menganggarkan kembali pembangunan Ring Road Kota Jayapura.

“Jadi, kalau hari ini di Kota Jayapura sebagai ibu kota Provinsi Papua, kalau memang tidak bisa dibangun sangat disesalkan, karena wajah Papua ada di sini,” imbuhnya.

Selain itu, ia  juga berharap agar pembangunan infrastruktur di Papua memprioritaskan di Kota Jayapura.

“Mau lihat pembangunan apa saja, infrastruktur dan lain sebagainya, kalau Jayapura sudah ok, semua akses keluar ini yang sementara terjadi kemacetan yang luar biasa hampir seperti Jakarta,” kata Ondoafi Doyo ini.

Untuk itu, pihaknya berharap Kementerian PUPR dapat mempertimbangkan kembali untuk menganggar dana pembangunan jalan Ring Road Kota Jayapura melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XVIII Papua.

“Nah itu sebabnya hari itu saya sampaikan kepada kepala balai, bahwa Ring Road ini hanya tinggal sedikit lagi sudah nyambung sehingga bisa dioperasikan, " tuturnya.

Apalagi, tambah Orgenes, Papua ini  menjadi sasaran utama dari kebijakan pembangunan di wilayah Timur Indonesia dan hal ini yang ditekankan oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo saat itu. (TIARA)

Dibaca 28 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.