Sekda Buka Kegiatan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik | Pasific Pos.com

| 22 November, 2017 |

Kegiatan kompetisi inovasi pelayanan publik Pemkot Jayapura di Hotel Sahid Jayapura, Selasa (12/9/17). Kegiatan kompetisi inovasi pelayanan publik Pemkot Jayapura di Hotel Sahid Jayapura, Selasa (12/9/17).

Sekda Buka Kegiatan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

Kota Jayapura Penulis  Rabu, 13 September 2017 07:47 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura-Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jayapura buka kegiatan kompetisi inovasi pelayanan publik, Selasa (12/9/17) di Hotel Sahid Jayapura.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya Aparatur agar dapat memahami tahapan/tahapan sesuai Permen PanRB RI no 19 Tahun 2017 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik.Serta mengevaluasi Inovasi pelayanan publik dari masing-masing OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Jayapura untuk ikut sertakan dalam kompetisi inovasi pelayanan publik.

Dalam sambutan Walikota Jayapura yang dibacakan Sekretaris Daerah Kota Jayapura, RD Siahaya mengatakan bahwa saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Reformasi Birokrasi (KEMENPAN/RB) telah melaksanakan kompetisi inovasi pelayanan publik dalam beberapa tahun terakhir.

Dimana inovasi pelayanan publik yang dimaksudkan pelayanan publik yang dimaksudkan disini adalah gagasan ide kreatif orisinal dan atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

"Sehubungan dengan itu KEMENPAN/RB telah mengeluarkan peraturan Menteri Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017 dilingkungan Kementrian/Lembaga,Pemerintah Daerah,BUMN dan BUMN.
Seiring dengan perkembangan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,KEMENPAN -RB mewajibkan kepada setiap Kementrian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk dapat menciptakan minimal satu buah inovasi setiap tahunnya"ungkapnya

Oleh karena itu,pada kesempatan ini Walikota BTM dalam sambutannya tang dibacakan Sekda Kota Jayapura RD Siahaya ingin mempertegas kembali bahwa dimasa kepemimpinan Walikota BTM lima tahun kedepan,seluruh OPD dan Unit Layanan Pemerintah Kota Jayapura agar dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pemerintahan yang semakin moderen, inovatif, dan berkelanjutan.

"Harus ada reformasi birokrasi,dengan tujuan agar masyarakat dapat merasakan pelayanan publik yang prima" ujar Sekda.

Diharapkan agar,kompetisi yang dilaksanakan saat ini,benar-benar menjadi momentum dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik lagi kedepannya.

"Untuk itu kepada masing-masing OPD dan Unit Layanan agar dalam menyusun proposal inovasi harus sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan   oleh KEMENPAN - RB.Tentunya, dalam merumuskan kebijakan inovasi mengacu pada prinsip efisiensi, efektivitas, perbaikan kualitas pelayanan, tidak konflik kepentingan berorientasi kepada kepentingan umum, dilakukan secara terbuka, memenuhi nilai-nilai kepatutan serta dapat dipertanggungjawabkan hasilnya tidak untuk kepentingan diri sendiri namun untuk kepentingan masyarakat luas," katanya.

Ia juga berharap, kepada OPD maupun unit layanan yang nantinya terpilih benar-benar memiliki proposal inovasi yang berbobot dan dapat dipertanggung-jawabkan sehingga dalam mengikuti kompetisi inovasi pelayanan publik untuk tingkat nasional tahun 2017.

Dibaca 85 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.