Ketimbang Perluas Bandara Rendani, Bupati Diminta Dukung Pembangunan Bandara Abreso | Pasific Pos.com

| 22 November, 2017 |

Ketimbang Perluas Bandara Rendani, Bupati Diminta Dukung Pembangunan Bandara Abreso

Papua Barat Penulis  Selasa, 12 September 2017 21:29 1
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Penolakan terhadap pengembangan dan perluasan bandara Rendani Manokwari masih terus berlanjut. Bahkan, warga meminta agar Bupati tidak terus memaksakan kehendaknya untuk perpanjangan landasan pacu bandara, namun lebih baik Bupati mendukung pembangunan bandara Abreso Ransiki di Kabupaten Manokwari Selatan.

Seorang warga Taman Ria, Kelurahan Wosi, Paulus Ronsumbre menyebut jika terus dipaksakan, akan berdampak pada pemborosan anggaran serta ketidaknyamanan warga setempat. Jika pengembangan harus dilakukan, kata dia, harusnya sesuai dengan pembicaraan hanya sampai di polisi 13.

"Kami mendukung bupati mengembangkan Bandara Rendani, tetapi kalau bisa sebatas yang sudah dibicarakan yaitu sampai polisi 13, jangan dipaksakan sampai ke depan Vihara," kata Ronsumbre dalam pertemuan konsultasi publik rencana pengembangan Bandara Rendani yang dilakukan tim dari Pemkab Manokwari, Senin (11/9/17).

Ronsumbre berharap, Bupati dapat melihat aksi protes warga setempat terhadap rencananya untuk merelokasi warga, dimana hampir semua warga yang berada di bagian barat setelah polisi 13 tidak setuju dipindahkan ke tempat lain apalagi di kampung Soribo yang merupakan daerah gunung.

"Sebagai warga masyarakat, kita harusnya tetap mendukung, namun persoalan yang dihadapi adalah padat pemukiman, selain itu adanya jaringan pemerintah seperti air, listrik dan lainnya," tukasnya.

Apabila dipaksakan, Ia menyarankan agar tim membangun sarana prasarana publik lain yang lebih lengkap dan rumah layak huni agar warga yang dipindahkan merasa nyaman. Sebaliknya, Ronsumbre menyarankan agar Bupati Manokwari mendukung program Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran untuk peningkatan Bandara Abresso Ransiki menjadi Bandara Internasoinal.

“Seandainya Bupati Manokwari mendukung peningkatan Bandara Abresso Ransiki, maka Pemda Manokwari akan lebih menghemat, tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran untuk menyiapkan lahan relokasi, ganti keuntungan rumah warga, dan merelokasi warga,” ujarnya.

Menurutnya, jika ada komitmen para kepala daerah di wilayah Papua Barat, khususnya Manokwari Raya mendukung peningkatan bandara Abreso Ransiki, tentunya Papua Barat akan memiliki bandara bertaraf internasional. “Karena kami percaya, 10 hingga 15 tahun ke depan jalan antar kabupaten di Papua Barat akan tembus dan bandara Abreso akan memiliki prospek yang menjanjikan dan dampak perekonomian akan sangat dirasakan,” jelasnya.[SDR-R3]

Dibaca 104 kali

1 comment

  • Comment Link gawih Selasa, 12 September 2017 23:44 posted by gawih

    Belum saatnya bandara diletakkan jauh dari pusat perekonomian karena akan berdampak pada biaya transportasi.

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.