Pasific Pos.com | Meningkatkan Perekonomian Warga Kampung Yoka

  |  21 September, 2017

Proses pengerjaan perahu danau di Kampung Yoka. Proses pengerjaan perahu danau di Kampung Yoka.

Meningkatkan Perekonomian Warga Kampung Yoka

Ekonomi & Bisnis Penulis  Selasa, 12 September 2017 20:20 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA, - Guna meningkatkan perekonomian warga di Kampung Yoka, Distrik Heram, Pemerintah Kota Jayapura merogoh kocek dana kampung Rp120 juta.
Kepala Kampung Yoka, Antonius David Mebri mengatakan, bantuan itu diprruntukkan untuk membuat perahu atau Kayi dalam bahasa Sentani.

"Dari kayu Matoa untuk di pakai di danau. Satu minggu selesai. Panjang perahu berfariasi, ada 4 meter, 5 meter, dan 6 meter dengan lebar 50 cm dan kedalaman 50 cm," kata Antonius.

Adanya perahu tersebut disambut baik oleh warga setempat, karena bisa dipergunakan untuk menangkap ikan di danau. "Semoga bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya," kata Antonius.

Soorang warga bernama Derek Ehaa, yang turut membuat perahu tersebut mengatakan proses pembuatan dapat diselesaikan dalam waktu satu minggu, karena melibatkan banyak pekerja, dan menggunakan alat-alat elektronik.

"Model perahu bentuknya seperti ikan. Setelah di kikis pakai penokok di dalam perahu, dirapikan lagi pakai sekap dan dikasi licin lagi terus diukir lagi. Dikasi bunga-bunga khas Sentani pakai gambar ikan khas danau Sentani," kata Derek.

Dibaca 16 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.