Pasific Pos.com | Sentil Pemerintah Kota Jayapura

  |  23 October, 2017

Menteri PUPR, Basoeki Hadimoeljono. Menteri PUPR, Basoeki Hadimoeljono.

Sentil Pemerintah Kota Jayapura

Headline Penulis  Selasa, 12 September 2017 19:27 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Menteri PUPR  : Kau yang berjanji, kau pula yang mengingkari




JAYAPURA, - ‘Kau yang berjanji, kau pula yang mengingkari ‘ kata Menteri PUPR, Basoeki Hadimoeljono saat dikonfirmasi terkait pembiayaan jembatan Holtekam yang sudah tidak dianggarkan oleh Pemerintah Kota Jayapura tahun 2017.

“Ya dulu kan janjinya APBN hanya untuk jembatan, sementara provinsi dan Kota jalan penghubungnya dan sekarang sudah mau biayai  jembatannya malah lempar handuk, “ kata Basoeki kepada sejumlah wartawan pekan lalu.

Ia mengaku, apakah pembiayaan jembatan Holtekam tersebut menggunakan uang APBN atau APBD, semuanya adalah uang negara. “ itu kan sama-sama uang negara semua, jadi sama saja,” katanya.

Menyangkut target pemerintah untuk penyelesaiannya, jebolan SMA Gabungan Jayapura ini, mengatakan, jika pekerjaannya bisa dikeroyok dan lebih cepat, maka pihaknya akan menggenjot agar prosesnya sesuai target akhir 2018. “ ya tapi disana ceritanya sudah lempar handuk berarti kita harus menganggarkan kembali pembiayaan yang sudah tidak dibiayai. Itu berarti harus urutan jadi akan lebih lama,” jelasnya.

Memang, sambungnya, jika pembiayaan pekerjaan jembatan tersebut ada kerjasama dari Pusat, Provinsi dan Kota, tentunya akan sesuai target. Sebab, masing-masing sudah mengetahui jelas pekerjaanya, dan yang pasti akan selesai bersamaan. “Tapi kalau tidak kan kami harus menunggu jembatan selesau dulu, baru kami mengerjakan jalan, jadi mundur,” ujarnya.

Meski demikian, Basoeki mengaku pemerintah pusat tetap berkomitmen akan tetap menyelesaikan pembangunan jembatan tersebut, meski tanpa bantuan biaya APBD Pemerintah Kota Jayapura.

“Tetap kami selesaikan, tapi yang kita selesaikan jembatannya dulu karena kalau tidak diselesaikan malah tidak bermanfaat. Tapi itu tadi, kau yang berjanji yang mengingkari,” tandasnya.

Lebih lanjut, ia juga menyempatkan melihat langsung proses pembangunan Jembatan tersebut, dimana dilihat dari persentasinya untuk pembangunan bentangan tengah telah jadi tinggal menunggu rangka yang dikirim dari Surabaya.

“Untuk bentangannya itu sudah jadi  dan kita rencanakan 25 September nanti saya luncurkan dari Surabaya dari PT. PAF dan kira-kira 30 hari sudah bisa nyampe disini, untuk langsung dipasang, tapi kami masih punya target akhir tahun ini  sudah bisa selesai, “ jelasnya.

Yang pasti, kata Basoeki, pemerintah pusat tetap mendukung pelaksanaan pembangunan di Papua. “Kecewa dengan pemerintah kota sih, tidak, karena saya mendukung Papua,” ujarnya.

Ia menjelaskan kembali, sejak pemerintahan Jokowi, dari  tahun 2015 sudah ada Rp. 6 triliun dana yang digelontorkan oleh pemerintah pusat. Tiap tahunnya, penganggaran untuk biaya infrastruktur Papua naik sekitar Rp 3 hingga Rp4 triliun. “Jadi besar sekali, tapi itu juga kebutuhannya banyak  karena 4300 km jalan trans Papua itu, mana  belum jembatan-jembatannya. Jadi memang  terus kita kerja,” tutupnya.

Dibaca 41 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini