Pasific Pos.com | Loupatty : Jangan Jual Beras Mahal ke Masyarakat

  |  21 September, 2017

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty. Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty.

Loupatty : Jangan Jual Beras Mahal ke Masyarakat

Ekonomi & Bisnis Penulis  Senin, 11 September 2017 18:26 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Elia Loupatty, mengimbau kepada pedagang untuk tidak menjual beras dengan harga yang mahal melebih harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah.

Dikatakan, Pemerintah per 1 September 2017 lalu, telah menetapkan HET beras di seluruh Indonesia. Dimana untuk Papua, harga beras medium Rp10.250 per kg dan premium Rp13.600 per kg.

“Kalau ada yang jual mahal silahkan lapor kepada pihak terkait supaya bisa kita menolong, mengendalikan dan memanggil yang bersangkutan,” tegas Loupatty kepada waratwan di Jayapura, Senin (11/9).

Menurutnya, penetapan HET oleh pemerintah tak dilakukan secara sepihak. Melainkan telah melewati sejumlah pertemuan dengan pihak terkait yang bertujuan menampung berbagai masukan, dari mulai pelaku di sektor hulu dan hilir.

Dengan demikian, penetapan HET sudah berdasarkan asas keadilan. Dengan demikian diharapkan bisa menciptakan iklim usaha yang tak berat sebelah, namun menguntungkan semua pihak. Baik pihak pedagang maupun konsumen yang membeli beras.

“Makanya penetapan ini sekali lagi kita sampaikan sudah berdasarkan satu kajian yang dilakukan secara berkeadilan. Sehingga kita harap keadilan ini jangan dicoreng oleh pihak tertentu untuk menguntungkan dirinya sendiri. Karena itu, saya juga minta institusi terkait untuk segera menindak pihak pedagang yang tak mengindahkan seruan pemerintah itu,” pungkasnya.

Dibaca 16 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.