Pasific Pos.com | KONI Optimis Pembangunan Stadion Papua Bangkit Selesai Tepat Waktu

  |  21 September, 2017

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga KONI Pusat, Suwarno. Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga KONI Pusat, Suwarno.

KONI Optimis Pembangunan Stadion Papua Bangkit Selesai Tepat Waktu

Olahraga Penulis  Senin, 11 September 2017 18:13 0
Beri rating artikel ini
(1 Voting)

JAYAPURA,- Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga KONI Pusat Suwarno mengatakan, pembangunan arena (venue) serta sarana dan prasarana lainnya untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 akan selesai tepat waktu.

Suwarno mengaku yakin semua venue selesai karena, tahun 2017 adalah tahun perencanaan termasuk lelang, dan progres pembangunan stadion PON Papua sesuai dengan laporan terakhir konstruksi sudah mencapai 12 persen.

“laporan terakhir proses pembangunan stadion untuk pekerjaan pondasi atau bore pile dari tiga ribu titik, sekarang tinggal 200 lebih titik. Oleh karena itu, sesuai dengan schedule bulan ini  pekerjaan bore pile dan pengecoran lantai atau kolom dasar sudah selesai,” ujar Suwarno Senin, (11/9/2017).

Sementara untuk venue yang akan direnovasi akan dilakukan tahun 2018. Dengan demikian, kita harapkan stadion Papua Bangkit yang akan digunakan sebagai tempat pembukaan dan penutupan PON bisa selesai akhir tahun 2018. “pembangunan ini kan membutuhkan proses. Nanti pasti akhir tahun 2017 kita pasti bisa melihat hasilnya," tuturnya.

Selain itu, katanya, hasil perjuangan Pemerintah Provinsi Papua, Presiden Joko Widodo telah menyetujui akan membangun lima venue. Pembangunan akan dikerjakan dalam anggaran 2018.
Lima venue tersebut diantaranya  aquatik, lapangan hockey Indoor, Istora Papua Bangkit, kriket dan kolam renang.

Dia berharap, berbagai elemen masyarakat, pemkab/kota, BUMN dan BUMD dapat mendukung dan menyambut PON 2020 Papua sehingga agenda olahraga nasional empat tahunan ini  sukses berlangsung di tanah Papua.

Sebelumnya, Projeck Manager PT. PP Persero Tbk Dwi Aji Wicaksono mengaku, progres pembangunan stadion Papua Bangkit untuk penyelenggaraan pembukaan dan penutupan PON paling cepat dari rencana awal. Kenapa pembangunannya lebih cepat, sebab, dikerjaannya 24 jam dengan dukungan 352 orang pekerja.

“Untuk progres pembangunan pengecoran pondasi lebih cepat dari waktu yang kita rencanakan sebelumnya. Oleh karena itu, dirinya optimis stadion Papua Bangkit akan selesai sesuai dengan kontrak kerja yakni akhir Desember 2018,”

Dikatakan, jika pembangunan pondasi sudah selesai, masuk dengan finishing. Pada tahap ini, tentunya kita akan kembali menambah pekerja sebanyak 228 orang. Dengan demikian, pekerja yang akan melakukan aktifitas di stadion utama PON sebanyak 580 orang.

Dibaca 47 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.