Pasific Pos.com | Pekarangan Rumah Warga Dikembangkan Untuk Kebun Sayur

  |  24 October, 2017

Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Adolof Yokhu, SP. MM Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Adolof Yokhu, SP. MM

Pekarangan Rumah Warga Dikembangkan Untuk Kebun Sayur

Ekonomi & Bisnis Penulis  Minggu, 13 Agustus 2017 20:46 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI – Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tekhnis dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Jayapura kedepan merencanakan mengembangkan kebin sayur di pekarangan rumah warga.

“Sayur yang akan di tanam selain untuk di jual guna membiayai kebutuhan keluarga tetapi juga dapat digunakan untuk komsumsi sehari-hari,” ujar Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Adolf  Yokhu, SP, MM kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumaat ( 11/8) pekan kemarin.
Dikatakan, potensi perdagangan sayur di pasar Kabupaten Jayapura masih terbuka sehingga kebun warga di pekarangan rumah dapat mengsuplay stok sayur-sayuran bagi kebutuhan pangan di daerah ini.
Menurutnya, pemerintah daerah telah memberikan perhatian bagi sejumlah petani sayur dengan tujuan untuk mengembangkan usaha pertanian. Sayur-sayur yang dipanen oleh petani tersebut akan di pasarkan di sejumlah pasar di Kabupaten Jayapura.
Disebutkan, sejumlah petani sayur di wilayah pembangunan tiga tetapi juga yang ada di wilayah pembangunan satu sudah mendapat perhatian pemerintah.
“Kami mendorong supaya warga yang memiliki pekarangan rumah untuk di olah menjadi kebun sayur. Hematnya, sayur memiliki nilai ekonomis yang tinggi juga mengandung gizi untuk kesehatan warga,” jelasnya.
Yokhu menandaskan, untuk warga di perkampung pinggiran Danau Sentani dan Pesisir Pantai Teluk Tanah Merah akan dikembangan perkebunan di pekarangan rumah dengan memanfaatkan media berupa kota yang dibuat dari papan dan besar perahu.
Untuk itu, dirinya meminta kepada semua masyarakat di Kabupaten Jayapura jika kelak mendapat perhatian pemerintah berupa pengembangan kebun sayur-sayuran di pekarangan rumah agar masyarakat dapat menerimanya sebagai upaya pemerintah dalam mengsejahterakan warga.
Ditambahkan, petani sayur di Kabupaten Jayapura sebarannya merata di berbagai kampung. Rata-rata petani menanam sayur di kebun untuk komsumsi keluarga namun kehadiran pemerintah mengarahkan supaya menanam sayur juga untuk penjualan.
“Kita di Kabupaten Jayapura sangat potensial untuk mengembangkan kebun sayur karena itu, kami akan mengyampaikan kepada warga supaya dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanam sayur-sayuran,” pungkasnya.

Dibaca 29 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Berita Terkini